Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Distribusi Jatim Jamin Pasokan Listrik di 130.010 TPS Lancar

Kompas.com - 12/04/2019, 10:42 WIB
Ghinan Salman,
Rachmawati

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa PT Perusahaan memasrikan jika Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Timur menjamin pasokan listrik saat Pemilu 2019 terjamin.

Hal itu disampaikan Khofifah saat menerima kunjungan PT PLN Distribusi Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis (11/4/2019) malam.

Untuk pemilu serentak 17 April 2019 nanti, sedikitnya terdapat 130.010 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, dan satu TPS akan melayani 200-300 orang untuk mencoblos sejak pukul 07.00 WIB-12.00 WIB.

"Dari jarak waktu tersebut, setidaknya PLN wajib menyediakan aliran listrik jam tersebut sampai dengan malam hari, karena penghitungan dan rekap bisa berlangsung sampai dini hari," kata Khofifah.

Baca juga: Pidato Kebangsaan di Surabaya, Ini yang Akan Prabowo Sampaikan

Ia mengingatkan, khusus TPS di wilayah kepulauan, PT PLN Distribusi Jatim wajib memastikan listrik bisa teraliri dengan baik karena masih ada beberapa wilayah di kepulauan tidak memiliki akses listrik. Harapannya, pada hari H masa pemungutan suara nanti, pemilu bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, Khofifah juga menyoroti akses jalan menuju TPS yang tidak tersedia pasokan listrik. Untuk menjaga keamanan, Khofifah meminta agar diberikan penerangan.

"Untuk TPS yang berada di sekolah pada saat pemilu, penerangan bisa menggunakan sumber listrik di tempat tersebut," kata Khofifah.

Sementara itu, General Manager PT PLN Distribusi Jatim Bob Saril menyatakan pihaknya sudah melaporkan kondisi pelistrikan di Jawa Timur, termasuk kesiapan fisik menjelang Pileg dan Pilpres pada 17 April 2019 mendatang. Menurut Saril, pasokan listrik dan penerangan di setiap TPS sudah teraliri dengan baik.

"Alhamdulillah kita sudah siap, baik infrastruktur kita yang sudah sangat bersih di sini (Jawa Timur). Kemudian kesiapan jaringan-jaringa kita yang telah kita lakukan," kata Bob Saril.

Baca juga: Jika Ada TPS Dekat Rumah Anggota Parpol atau Timses, Bawaslu Akan Minta Dipindah

Ia memastikan pasokan listrik saat hati H pemungutan suara tidak akan menuai kendala berarti.

Dengan ketersediaan listrik itu, Bob Saril berharap Pemilu 2019 bisa berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif.

"Kita juga sudah koordinasi dengan KPU untuk mem-backup titik-titik penting tempat pemungutan suara," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com