Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Agung Meletus hingga Hujan Abu, Petugas Bagikan Masker

Kompas.com - 11/04/2019, 22:58 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar,
Farid Assifa

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Letusan Gunung Agung yang terjadi pada Kamis (11/4/2019) malam menyebabkan hujan abu di sejumlah desa di sekitar Gunung Agung.

Wilayah yang terdampak hujan abu antara lain Desa Temukus, Pemuteran, Pura Penataran Besakih, dan Pasar Agung.

"Situasi masih terpantau kondusif. Warga diimbau mengikuti arahan petugas," kata Kepala BPBD Bali I Made Rentin, Kamis malam.

Selain itu, pasca-hujan abu, petugas BPBD Karangasem membagikan masker kepada warga untuk mengantidipasi dampak buruk hujan abu vulkanik.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang, namun selalu waspada. Agar selalu siap masker dan tutup tempat penampungan air bersih, serta tutup ventilasi udara kamar apabila terjadi hujan abu," kata Rentin.

Baca juga: Gunung Agung Meletus Lontarkan Lava Pijar dan Abu

Gunung Agung yang terletak di Karangasem, Bali, kembali meletus pada Kamis (11/4/2019) pukul 18.47 Wita. Tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak.

Laporan resmi Pos Pemantau Gunung Api Agung di Desa Rendang menyebutkan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 8 detik.

Sementara itu, Kasubid Mitigasi wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mikawai Bencana Geologi (PVMBG) Devy Kamil Syahbana mengatakan, erupsi terjadi secara transien atau tidak menerus. Letusan juga mengeluarkan suara gemuruh dan lontaran lava pijar.

Baca juga: Gunung Agung Meletus, Keluarkan Abu Setinggi 2.000 Meter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com