Pemprov Jabar Siap Berangkatkan Haji dari Bandara Kertajati Majalengka

Kompas.com - 11/04/2019, 17:28 WIB
Tampilan bagian depan Bandara Kertajati Humas PT BIJBTampilan bagian depan Bandara Kertajati

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana memberangkatkan jemaah haji tahun ini dari Bandara Kertajati di Majalengka.

Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati yang sampai saat ini sepi penumpang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, rencananya lantai dua bandara akan direnovasi sebagai asrama haji.

"Kita akan merenovasi lantai atasnya untuk asrama hajinya jadi tidak di tempat lain. Jadi lantai bawah penumpang, atasnya asrama. Jadi nginep di atas turun langsung take off, itu dulu," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (11/4/2019).

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Bandara Kertajati Sepi karena Kendala Akses

Untuk itu, Emil pun menugaskan Sekda Jabar Iwa Karniwa untuk berkoordinasi dengan Kementerian Agama.

"Keputusannya dari Kemenag sedang diproses oleh Pak Sekda," ucapnya.

Sementara itu, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengaku sudah berkoordinasi dengan bupati Majalengka dan Direksi BIJB soal rencana itu.

Ia pun masih membahas pola pendanaan terkait renovasi lantai dua bandara.

"Lantai dua bandara direnovasi untuk embarkasi sementara sehingga efisien dan efektif. Sekarang tinggal perencanaan oleh direksi dan komisaris BIJB," kata Iwa.

Iwa belum bisa memastikan berapa kloter yang akan diberangkatkan dari Bandara Kertajari. Sebab, masih menunggu keputusan dari Kementrian Agama.

"Nanti dari hasil koordinasi baru bisa ditentukan berapa kloter. Tapi kita harapkan seoptimal mungkin. Kita harapkan di wilayah Ciayumajakuning," ungkapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X