Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Bupati Mentawai Bantah Hadiri Kampanye 01 di Padang

Kompas.com - 11/04/2019, 15:08 WIB
Perdana Putra,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PADANG, Kompas.com - Wakil Bupati Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Kortanius Sabeleake, membantah hadir dalam kampanye calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin pada 9 April lalu di Danau Cimpago, Padang, Sumatera Barat.

"Saya tidak hadir dalam kampanye itu karena saya tahu, saya tidak mengajukan izin cuti. Kalau ada yang mengatakan saya hadir, itu tidak benar," kata Kortanius, yang dihubungi Kamis (11/04/2019).

Kortanius mengakui, pada tanggal 9 April itu berada di Padang. Keberadaannya karena sedang tugas mengikuti acara Rapat Koordinasi Bupati dan Wali Kota se-Sumbar, yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Baca juga: 12 Kepala Daerah di Sumbar Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf

"Betul saya ada di Padang saat itu, tapi tidak ikut kampanye. Saya mengikuti Rakor kepala daerah yang dilaksanakan Pemprov Sumbar," ujarnya.

Kortanius menceritakan, sebelumnya dirinya sudah dihubungi oleh Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Maaruf Amin Sumbar, Hendra Irwan Rahim, untuk hadir. Namun dirinya menyebutkan tidak memiliki izin cuti.

"Saya katakan pada Pak Hendra, saya tidak memiliki izin cuti. Makanya saya tidak hadir. Sebagai kepala daerah, saya menaati hukum," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efritimen, yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, saat ini. Pihaknya sedang mengumpulkan data-data dan bukti otentik terhadap dugaan pelanggaran kampanye Pemilu yang dilakukan oleh kepala daerah pada kampanye 01 beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bawaslu Padang Kantongi 4 Izin Cuti dari 12 Kepala Daerah yang Ikut Kampanye 01

"Kita sedang mengumpulkan data dan bukti otentik. Jadi, kami masih sedang bekerja. Silahkan tunggu saja dulu," kata Surya.

Dalam kampanye 01 itu disebutkan, 12 kepala daerah hadir yaitu Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi.

Kemudian Wali Kota Pariaman Genius Umar, Wali Kota Solok Zul Efian, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran dan Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Baca juga: Tiga Kepala Daerah di Sumbar Ikut Kampanye Jokowi Tanpa Izin Cuti

Berdasarkan data dari Biro Pemerintahan Provinsi Sumbar, hanya 9 kepala daerah yang mengantongi izin cuti.

"Hanya sembilan yang mengajukan cuti pada 9 April itu, yaitu Sutan Riska, Hendra Joni, Yuswir Arifin, Irfendi Arbi, Irdinansyah Tarmizi, Genius Umar, Zul Efian, Fadly Amran dan Ramlan Nurmatias," ujar Kabiro Pemerintahan Pemprov Sumbar, Iqbal Rama Dipayana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com