Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keberadaan Tol Paspro Diyakini Membuat Pertumbuhan Ekonomi Jatim Menggeliat

Kompas.com - 10/04/2019, 21:29 WIB
Ahmad Faisol,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer, Rabu (10/4/2019). Tol tersebut resmi beroperasi dan digratiskan selama sepekan.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyebut, Tol Paspro tak cuma mengurangi kepadatan kendaraan di jalur provinsi hingga 60 persen, tapi juga menambah kemudahan akses wisata Bromo. 

Menurutnya, Tol Paspro sangat membantu Kawasan Bromo-Tengger- Semeru yang sudah dimasukkan dalam kawasan strategis pariwisata nasional. 

"Jalan tol juga bisa menghidupkan perekonomian di Kabupaten dan Kota Probolinggo. Sebab, terdapat Pelabuhan Tanjung Tembaga yang merupakan tol laut. Diketahui, pelabuhan tersebut akan membantu proses bongkar muat dari Probolinggo, Situbondo, Lumajang, hingga Pasuruan," ujarnya, Rabu. 

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Tol Pasuruan-Probolinggo Gratis Selama Sepekan

Tol Paspro yang beroperasi disertai dengan Jalan Tol Pandaan-Pakis, siap beroperasi dan membuka peluang bongkar muat dari Malang. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Jatim semakin bergeliat.

Keberadaan Tol Paspro, menurut Bupati Probolinggo P Tantrian Sari, menciptakan pertumbuhan ekonomi baru khususnya di pintu keluar tol.

Tantrian mengatakan, ada peluang bagi UKM di Kabupaten Probolinggo berdagang di rest area jalan tol. Menurutnya peluangnya 30 persen untuk UKM lokal.

“Peluang ini terus diperjuangkan dengan pengelola jalan tol usai peresmian. Selain peluang di dalam area tol, Pemkab Probolinggo juga terus melakukan pembinaan UKM-IKM dan membantu promosi," jelasnya.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Tol Pasuruan-Probolinggo Gratis Selama Sepekan

Pihaknya berupaya agar terbentuk pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di setiap exit tol. bukan hanya di Tol Paspro, tapi juga Tol Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi).

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN)  Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Tohir mengatakan, peresmian tol itu juga merupakan tanda dimulainya pintu ekspor Jawa Timur.

Erick mengatakan, Tol Paspro membuat jarak tempuh semakin singkat. Biasanya ke Surabaya butuh waktu 2,5 jam lewat jalur biasa, sekarang hanya butuh satu jam lewat tol. Pengiriman barang lebih ringkas dari sisi waktu. 

Keberadaan Pelabuhan Tanjung Tembaga di Kota Probolinggo, lanjut Erick, membuat denyut ekonomi semakin kencang. 

"Maka dengan Tol Paspro dan Pelabuhan Tanjung Tembaga, terciptalah infrastruktur transportasi terintegrasi. Ini bagi dunia usaha besar manfaatnya. Ini tanda dibukanya pintu ekspor di Jawa Timur," kata Erick saat mendampingi Jokowi di GOR Kedopok Kota Probolinggo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com