Ini Kecanggihan Radio Komunikasi Kebencanaan di Pangandaran

Kompas.com - 10/04/2019, 18:26 WIB
Menkominfo Rudiantara menerima penjelasan terkait penggunaan radio komunikasi kebencanaan saat ujicoba di Plaza Telkom Pangandaran, Selasa petang (9/4/2019). KOMPAS.com/CANDRA NUGRAHAMenkominfo Rudiantara menerima penjelasan terkait penggunaan radio komunikasi kebencanaan saat ujicoba di Plaza Telkom Pangandaran, Selasa petang (9/4/2019).

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menguji coba frekuensi 700 MHz sebagai radio komunikasi kebencanaan di Plasa Telkom Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (9/4/2019).

Uji coba dimulai 9 April hingga 9 Mei 2019.

Pada uji coba ini, Kemenkominfo melibatkan vendor penyedia perangkat, yakni Motorola, Nokia, Huawei, Hytera dan Inti.

Radio ini punya sejumlah kelebihan dibanding radio komunikasi yang biasa dipakai. Radio dapat mengirim data berupa suara, maupun visual gambar secara langsung.

"Frekuensi ini enggak pakai satelit," kata Menteri Kominfo, Rudiantara usai uji coba.

Baca juga: Kemenkominfo Uji Coba Radio Komunikasi Kebencanaan di Pangandaran

Bahkan perangkat radio ini ada yang portable, atau bisa dibawa ke manapun. Radio ini tidak memerlukan BTS yang banyak seperti operator selular.

"Tergantung powernya berapa, jika ditambah akan makin besar (jangkauannya lebih luas lagi)," jelas Rudiantara.

Baca juga: Tiga Ditjen Kementerian PUPR Tangani Perbaikan Sulteng Pasca-Bencana

Menurut dia, frekuensi 700 MHz sangat ideal dipakai radio komunikasi kebencanaan. Bahkan frekuensi ini disebut frekuensi emas.

Dikatakan frekuensi emas karena frekuensinya rendah, yakni 700 MHz. Kalau telepon selular, frekuensinya di 1,8 GHZ, 2,1 GHz, 2,3 GHz.

"Terpenting jangkauannya luas, untuk broadband dan kebencanaan," jelasnya.

Asisten Deputi Kordinasi Telekomunikasi dan Informatika Kemenko Polhukam, Marsekal Sigit Priyono menyampaikan, jika dilihat secara riil, timbulnya korban jiwa dalam suatu bencana terkadang bukan dampak langsung bencana itu sendiri. Namun karena keterlambatan dalam menerima data informasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X