Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Akan Tindak Tegas Orang yang Ganggu Jalannya Pemilu 2019

Kompas.com - 10/04/2019, 14:41 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto menegaskan, TNI-Polri tidak akan memberikan ruang gerak bagi orang yang mengganggu jalannya pesta demokrasi Pemilu 2019.

Agung mengatakan, aparat harus mulai peka terhadap lingkungan sekitar. Persuasi terhadap masyarakat sekitar sangat perlu ditingkatkan melalui sistem pengamanan lingkungan atau siskamling.

"Tidak ada kompromi, bagi orang atau kelompok yang akan menganggu jalannya Pemilu, terutama yang mengganggu kedaulatan NKRI," ucap Agung, dalam Apel Pengamanan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pileg dan Pilpres 2019, di kawasan BNR, Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/4/2019).

Baca juga: Bahas Persiapan Pengamanan Pemilu, Polri Gelar Rapat Pimpinan

Agung menambahkan, apel pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kembali kesiapan aparat dalam mengawal proses Pemilu, mulai dari proses kampanye, pencoblosan, hingga penghitungan suara nanti.

Sambungnya, dalam apel ini juga dilakukan pemeriksaan alat-alat penunjang pengamanan seperti dapur umum, kendaraan taktis, peralatan senjata, hingga balai pengobatan.

Baca juga: Polri-TNI Gelar Apel Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

"Kita ingin jalannya kontestasi Pemilu 2019, khususnya di Jabar, berjalan aman dan kondusif," katanya.

Dalam apel pengamanan itu, turut melibatkan 4.000 personil gabungan TNI-Polri. Selain itu, hadir pula Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com