Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burung Dara Laut Tiram Terlihat di Danau Limboto

Kompas.com - 10/04/2019, 07:01 WIB
Rosyid A Azhar ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.comBurung dara laut tiram (Gelochelidon nilotica) mulai terlihat terbang berkelompok di Danau Limboto, Provinsi Gorontalo.

Burung dara laut tiram ini terlihat sejak dua pekan terakhir berada di lokasi lahan basah ini, mereka terbang bergerombol mencari makan di atas permukaan air danau.

Sesekali, ada yang menyambar ikan-ikan kecil dan membawa terbang.

Baca juga: Belasan Burung Jalak Putih Dilepas di Tahura Raden Soerjo Mojokerto

“Burung ini terlihat terbang berkelompok, jumlahnya puluhan,” kata Adiwinata Solihin, penggiat fotografi di Gorontalo, Rabu (10/4/2019).

Sebelumnya, tidak dijumpai burung ini berada di kawasan Danau Limboto. Kedatangan dara laut tiram ini membuat sejumlah pengamat burung di Gorontalo mulai bersiap untuk melakukan pengamatan burung di danau ini.

“Banyak jenis dara laut yang selalu menyinggahi Danau Limboto, bahkan dalam satu kelompok terbang bisa mencapai ratusan ekor yang bergerak indah tanpa tabrakan di atas permukaan air,” kata Fachriany Hasan, penyuluh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Gorontalo.

Baca juga: Dijualbelikan, 74 Burung Endemik Maluku Disita dari Warga Pulau Seram

Keberadaan dara laut tiram ini membawa kabar baik untuk memulai pengamatan jenis burung migran, apalagi pada awal Mei ini Perkumpulan Biodversitas Gorontalo (Biota) akan menggelar World Migratory Bird Day (WMBD) di kawasan danau.

Beberapa jenis burung dara laut terlihat mirip, diperlukan pengamatan yang teliti untuk bisa membedakan jenis mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com