Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logistik Pemilu 2019 Didistribusikan, KPU Cianjur Masih Kekurangan Surat Suara

Kompas.com - 10/04/2019, 06:46 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengaku belum juga menerima pergantian surat suara Pemilu 2019 yang rusak.

Padahal, saat ini KPU Cianjur tengah melakukan pendistribusian logistik Pemilu 2019 sehingga khawatir mengganggu jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Sekjen KPU Cianjur, Endan Hamdani mengatakan, telah mengajukan permohonan pergantian kekurangan surat suara tersebut ke KPU RI sejak sepekan lalu.

Baca juga: Kurang 8 Hari Pemilu, Sumatera Barat Kekurangan 360.000 Surat Suara

“Dari hasil sorlip ditemukan ribuan lembar surat suara yang rusak, untuk pileg dan pilpres,” kata Endan, kepada Kompas.com, di Cianjur, Selasa (9/4/2019).

Selain kekurangan surat suara karena ada yang rusak, KPU Cianjur juga mendapati adanya kurang kirim, seperti pada lembar surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

“Jumlahnya sekitar 23.000 lembar. Jadi, total kekurangan surat suara untuk pilpres saat ini sebanyak 27.000 lembar lebih, sisanya (yang rusak) surat suara pileg,” sebut dia.

KPU Cianjur awalnya berharap, surat suara pengganti sebagaimana dengan jumlah yang diajukan bisa diterima KPU Cianjur sebelum pendistribusian logistik Pemilu 2019 dilaksanakan.

“Namun, hingga saat ini (Selasa petang) belum juga datang. Padahal, pendistribusian logistik Pemilu 2019 sudah memasuki hari kedua untuk empat hari ke depan,” tutur dia.

Pihaknya berharap, hal tersebut tidak mengganggu aktivitas pendistribusian logistik Pemilu 2019 yang tengah difokuskan ke wilayah-wilayah pelosok di selatan.

“Asalkan datang sebelum pendistribusian rampung. Jadi, sambil nunggu surat suara pengganti dikirim, pendistribusian logistik terus jalan. Nantinya, surat pengganti akan dialokasikan untuk memenuhi logistik ke wilayah-wilayah terdekat yang memang jadwal pengirimannya terakhir,” tutur dia.

Baca juga: KPU Palopo Sortir Ulang Surat Suara Rusak untuk Tutupi Kekurangan

Selain soal kekurangan surat suara, KPU Cianjur juga menerima kelebihan surat suara pada lembar anggota DPD-RI sebanyak 3.608 lembar.

Ketua KPU Cianjur, Hilman Wahyudi menjamin, surat suara yang lebih itu akan dimusnahkan sebelum hari H atau hari pencoblosan untuk menghindari penyalahgunaan pihak-pihak tidak bertanggungjawab.

“Kami simpan dan catat untuk kemudian dilaporkan ke KPU RI. Masih menunggu instruksi, apakah harus dikembalikan atau dimusnahkan. Biasanya kalau harus dimusnahkan itu dilakukan H-1 pencoblosan,” ungkap dia.

Kompas TV Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo menggelar kampanye di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (6/4) sore. Kampanye Jokowi di Batam dipusatkan di Lapangan Temenggung Abdul Jamal. Dalam orasinya, Jokowi berpesan, menuju hari pencoblosan surat suara, masyarakat Kepulauan Riau harus waspada terhadap berita hoaks. #KampanyeJokowi #JokowiMaruf #KampanyeJokowiMaruf
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com