Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Bandung Bandung Barat, Ridwan Kamil Minta Pendukungnya Tidak "Tidur" Sampai Jokowi Menang

Kompas.com - 09/04/2019, 20:51 WIB
Putra Prima Perdana,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi- Ma’ruf Amin Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, berdasarkan hasil survei, saat ini pasangan alon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin mengungguli capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uni di Jawa Barat (Jabar).

“Minggu ini di Jawa Barat (Jokowi-Ma’ruf) sudah menang 4 persen dari berbagai survei. Dulu, 2014 kalahnya minus 20 persen. Kita semua sudah bekerja keras, sekarang sudah ada plus 4 persen. Ini adalah kerja semua yang hadir di sini,” kata Emil, sapaan Ridwan Kamil dalam pidatonya saat mendampingi kampanye Ma’ruf Amin di Lapangan Bola PN Kertas Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (9/4/2019).

Baca juga: Maruf Amin Klaim Tren Elektabilitasnya dan Jokowi Naik di Jabar

Emil mengatakan, meski sudah unggul dengan selisih 4 persen, dia meminta kepada kader partai pendukung dan relawan pemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf di Bandung Barat untuk lebih bekerja keras lagi di sisa sepekan sebelum pencoblosan 17 April 2019. 

“Tapi di KBB (Kabupaten Bandung Barat) pesan saya mulai hari ini sampai minggu depan jangan pada tidur. Nanti tidur mah setelah menang, mau tidur seminggu mangga, seminggu lagi kita kerja keras,” ucapnya.

Ditemui seusai kampanye, Emil membenarkan jika dia meminta para relawan bekerja keras mendukung Jokowi-Ma’ruf di Kabupaten Bandung Barat.

Hal itu karena di Bandung Barat, Jokowi-Ma'ruf masih kalah dari pasangan Prabowo-Sandiaga.

“ Iya, masih kalah,” aku Emil.

Baca juga: Golkar Klaim Sri Sultan HB X Punya Misi Menangkan Jokowi

Untuk itu, Emil meminta kepada para pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf untuk fokus mengejar suara swing voters dan undicided voters yang cukup besar di Jawa Barat termasuk Kabupaten Bandung Barat.

“Berkaca pada Pilgub Jawa Barat yang rawan itu adalah H-7, jangan kendor oleh survei, kalau kendor kita kejar. Jangan terlena. Saya menyemangati saja karena di Jawa Barat ini swing voternya masih besar. Yang bingung di hari pencoblosan masih ada, artinya menaikkan persentase peluangnya masih ada dan bisa diraih,” ujarnya.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Kabupaten Bandung Barat Ida Widaningsih, membenarkan bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin saat ini masih kalah di Kabupaten Bandung Barat.

Meski demikian, di sisa waktu yang sempit ini dia optimistis pihaknya bisa memenangkan Jokowi-Ma'ruf di daerah itu.

“Tidak jauh, (selisihnya) hanya 6 persen. Mudah-mudahan seminggu lagi tercapai minimalnya di 50 persen plus 1, menang. Sebagai kader, kita optimis pasti menang walau hanya 1 persen kita akan menang,” ujar Ida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com