Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Titik Longsor Tutup Jalan Kuningan-Cikijing, 24 Kendaraan Terjebak

Kompas.com - 09/04/2019, 16:15 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MAJALENGKA, KOMPAS.com – Sebanyak delapan titik longsor menutup Jalan Raya Kuningan – Cikijing, pada Selasa (9/4/2019). Arus lalu lintas di jalan nasional ini terhenti sementara, dan dialihkan ke sejumlah jalur alternatif.

Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah III Jawa Barat Kementerian Pekerjaan Umum, Permana Adi Santosa mengatakan, longsor di jalur nasional ini terjadi pada Senin malam (8/4/2019).

Intensitas hujan yang tinggi serta kondisi tanah yang sudah tidak kuat menahan beban di bagian hulu diduga menjadi penyebab terjadinya longsor.

“Ini karena curah hujan yang cukup tinggi. Kita tidak bisa prediksi, karena tebing yang cukup terjal dan mungkin sudah jenuh air, sehingga menyebabkan longsor,” kata Permana usai meninjau lokasi, Selasa.

Baca juga: Longsor di Tambang Intan Kalsel, 5 Penambang Tewas dan 2 Selamat

Permana menjelaskan, jarak antara titik longsor pertama hingga titik longsor kedelapan atau yang paling akhir adalah sepanjang sekitar satu kilometer. Hal itu yang membuat proses pembersihan material longsor berupa tanah, bebatuan dan pepohonan yang tumbang, membutuhkan kerja keras dan alat berat.

Pihaknya menunggu alat berat yang rencananya datang pada Selasa petang. Beberapa di antaranya 1 ekskavator dan satu loder dari Cisumdawu, 1 ekskavator dari Waduk Darma, dan satu ekskavator dari balai Cikampek.

Baca juga: Jalur Palopo-Toraja Masih Longsor, Pengendara Diminta Hati-hati

Permana mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Mereka akan bekerjasama agar proses pembersihan dapat berlangsung tiga hingga empat hari.

Target tersebut dapat terealisasi bila kondisi cuaca mendukung. Namun, bila sebaliknya, proses pembersihan akan terhambat.

Kendaraan terjebak

Koordinator Lapangan Cirebon-Kuningan-Ciamis Kementerian PU PR Balai Enam Jawa Barat, Supriyadi menjelaska, selain menutup jalur nasional, material longsor juga menyebabkan 21 kendaraan roda empat dan 3 kendaraan roda dua terjebak di setiap titik longsor.

Sebanyak 9 kendaraan roda empat dan 3 buah motor terjebak di antara titik longsor kedua dan ketiga, 11 roda empat terjebak di antara titik longsor ketiga dan ke empat, serta 1 truk terjebak di antara titik longsor ke empat dan kelima.

Seluruh pemilik kendaraan serta penumpang, kata Supriyadi, sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman sejak Senin malam oleh tim gabungan.

“9 mobil, 3 motor, terjebak, orangnya sudah diamankan, selamat. Terus ini ada 11 mobil, terus ini 1 mobil,” ujar Surpiyadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com