Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Temuan Bungkus Indomie Berusia 19 Tahun, Pemkab Malang Klaim Sudah Larang Pengelola Wisata Buang Sampah ke Laut

Kompas.com - 08/04/2019, 19:55 WIB
Andi Hartik,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara meminta kepada semua pengelola wisata di Kabupaten Malang untuk memberikan perhatian lebih pada sampah plastik.

Hal itu sebagai buntut ditemukannya sampah plastik bungkus Indomie berusia 19 tahun yang masih utuh di Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang bagian selatan. Temuan sampah oleh mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) itu viral di media sosial.

"Kalau untuk pengelola, desa wisata kami sudah minta untuk menekan buang sampah di laut," katanya kepada Kompas.com, Senin (8/4/2019).

Baca juga: Viral, Foto Sampah Plastik Bungkus Indomie Berusia 19 Tahun di Sendang Biru, Malang

Made berharap wisatawan juga harus sadar tentang bahaya yang ditimbulkan oleh sampah plastik. Apalagi jika dibuang ke sungai atau ke laut. Bagi Made, penyadaran terhadap wisatawan ini yang masih butuh waktu.

"Kesadaran untuk wisatawan kan butuh waktu. Sampah plastik memang menjadi perhatian utama," katanya.

Baca juga: Kicauan Di-RT Menteri Susi, Mahasiswi Penemu Sampah Plastik Bungkus Indomie Berusia 19 Tahun Kaget

Made menyadari bahwa sampah plastik sangat berbahaya. Sebab, plastik sulit terurai dengan tanah. Butuh waktu 20 tahun atau bahkan ratusan tahun supaya sampah itu menyatu dengan tanah.

Sebelumnya, Fianisa Tiara Pradani, mahasiswa semester 8 Program Studi Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya (UB) menemukan sampah plastik bungkus Indomie yang sudah berusia sekitar 19 tahun di Pantai Sendang Biru pada Minggu (7/4/2019).

Fia menemukan sampah itu saat mengambil sampel air dan sedimentasi untuk penelitian skripsinya yang menganalisa tentang mikro dan makro plastik.

Periodesasi plastik itu diketahui dari tulisan 55 Tahun Dirgahayu Indonesiaku yang tertera pada plastik tersebut. Sampah plastik yang masih utuh itu lantas diunggah di akun twitternya, @selfeeani.

Unggahan itu menuai banyak perhatian warga net. Bahkan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga merespon dengan me-retweet melalui akun twitternya, @susipudjiastuti.

Deretan pantai di Kabupaten Malang bagian selatan cukup terkenal bagi pelancong. Pantai dengan berbagai karakter itu memunculkan gairah wisatawan. Karena itu, Kabupaten Malang juga dikenal dengan wisata 1.000 pantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com