Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Jokowi di Kupang, Bawaslu Temukan Anak-anak Hadir dan Pakai Kaos Partai

Kompas.com - 08/04/2019, 18:48 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT menemukan anak-anak hadir dalam kampanye calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) di Lapangan Sitarda Lasiana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/4/2019). 

Komisioner Bawaslu NTT Jemris Fointuna mengatakan, ada beberapa siswa SD Lasiana yang pulang sekolah dan mampir lokasi kampanye.

"Ada juga orangtua yang membawa anaknya dalam kampanye dan itu kemungkinan karena tidak ada yang menjaga," ucap Jemris, Senin.

Baca juga: Bawaslu Menduga Ada Mobilisasi Pelajar saat Kampanye Sandiaga Uno di Magetan

Selain itu kata Jemris, ada juga anak-anak yang rumahnya berada di sekitar lokasi kampanye, saat pulang sekolah datang ke lokasi.

Jemris mengatakan, pada Pasal 280 ayat 2, huruf k Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, dengan jelas menyebutkan bahwa, pelaksana dan atau tim kampanye dalam kegiatan kampanye pemilu, dilarang mengikutsertakan warga negara Indonesia yang tidak memiliki hak memilih.

"Tapi yang dilarang dalam undang-uindang itu, adalah pelaksana atau tim kampanye yang mengikutsertakan anak-anak untuk hadir dalam kampanye," sebut Jemris.

Pantauan Kompas.com, di lokasi, tampak banyak anak-anak ikut hadir dalam kampanye calon presiden petahana itu.

Baca juga: Polisi Bakal Larang Massa Pendukung Jokowi atau Prabowo yang Pakai Knalpot Bising Ikut Rapat Umum di Solo

Sebagian berada di tengah kerumunan orang dewasa, sebagiannya lagi naik di atas mobil pemadam kebakaran yang disiagakan di dalam lapangan.

Bahkan ada beberapa anak-anak juga tampak mengenakan kaos salah satu partai politik.

Anak-anak yang berada di tengah area kampanye itu berbaur dengan warga lainnya. Mereka menyaksikan orasi politik dari Jokowi hingga selesai.

Setelah menyampaikan orasi, Jokowi lalu memberi contoh simulasi pencoblosan bersama sejumlah pengurus partai pendukung.

Jokowi bersama rombongan kemudian bergerak ke arah Bandara El Tari Kupang, untuk melanjutkan perjalanan kampanye ke daerah lain.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magetan, Jawa Timur juga menduga ada mobilisasi pelajar saat kegiatan kampanye calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno di GOR Ki Mageti, Magetan, Jawa Tmur, Senin (8/4/2019).

Divisi Pengawasan Pencegahan dan Humas Bawaslu Kabupaten Magetan Muris Subiantoro mengatakan, pihaknya menemukan dua unit bus yang diduga digunakan oleh siswa dari salah satu sekolah di Ponorogo untuk menghadiri kampanye Sandiaga.

“Kita menemukan ada dua bus yang dari salah satu sekolah di Ponorogo. Ada unsur semacam mobilisasi dari salah satu pihak sekolah swasta di Ponorogo untuk mengikuti kegiatan pada siang hari ini,” ujarnya di sela-sela kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye Sandiaga Uno, Senin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com