Belanja Pakai Uang Palsu, Pemuda Asal Jombang Diamankan Polisi

Kompas.com - 05/04/2019, 12:47 WIB
Pelaku peredaran dan perantara pembuatan uang palsu saat berada di Mapolres Jombang Jawa Timur, Kamis (4/4/2019). Dihadapan mereka, polisi membeber barang bukti uang palsu beserta alat pencetaknya. KOMPAS.com/HANDOUTPelaku peredaran dan perantara pembuatan uang palsu saat berada di Mapolres Jombang Jawa Timur, Kamis (4/4/2019). Dihadapan mereka, polisi membeber barang bukti uang palsu beserta alat pencetaknya.

JOMBANG, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Jombang Jawa Timur mengamankan Defit Sujianto (26), pemuda asal Dusun Kalangan, Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, akibat berbelanja menggunakan uang palsu.

Kasat Reserse dan Kriminal Polres Jombang, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Azi Pratas Guspitu mengungkapkan, pemuda pengangguran itu ditangkap unit Resmob Polres Jombang pada akhir bulan Maret lalu.

Penangkapan itu berawal dari informasi yang diterima polisi terkait adanya seseorang yang belanja dengan uang palsu. Polisi pun segera melakukan penyelidikan atas informasi tersebut.

Pada Rabu (27/03/2019) petang, petugas dari Unit Resmob Polres Jombang meringkus Defit Sujianto, saat berada di sebuah warkop di jalan Pahlawan Jombang.

"Saat ditangkap kemudian digeledah, ditemukan uang diduga palsu pecahan Rp. 50 ribu di dalam dompet tersangka. Jumlahnya 9 lembar," ungkap Azi Pratas, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/4/2019).

Baca juga: Polisi Amankan Uang Palsu Rp 4,6 Miliar dari Rumah Kontrakan di Sleman

Selain menggeledah keberadaan uang palsu pada saku dan dompet tersangka, polisi juga menggeledah rumah orangtua tersangka.

Di rumah tinggal tersangka, polisi menemukan 35 lembar uang palsu pecahan Rp. 50 ribu.

"Jadi totalnya ada 44 lembar uang diduga palsu yang disita. Untuk yang 4 lembar sudah digunakan untuk belanja makanan dan bensin (BBM)," kata Azi Pratas.

Dicetak Dengan Printer di Warnet

Berdasarkan hasil penyelidikan polisi, uang palsu yang dimiliki Defit Sujianto, dicetak di sebuah warung internet ( warnet) menggunakan printer warna merek Epson tipe L360.

AKP Azi Pratas Guspitu menjelaskan, pada awal Maret 2019, Defit Sujianto mendatangi warnet Rajasa di Jalan KH. Romli Tamim di Peterongan. Disitu, pemuda pengangguran itu menyewa komputer untuk browsing.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X