Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Imbau Waspadai Angin Kencang di 3 Kabupaten di Aceh

Kompas.com - 05/04/2019, 12:35 WIB
Masriadi ,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai angin kencang dan hujan deras di tiga kabupaten dalam Provinsi Aceh pada 6-8 April mendatang.

Ketiga kabupaten itu yakni Lhokseumawe, Lhoksukon (Aceh Utara), dan Idi Rayeuk (Kabupaten Aceh Timur).

Kepala BMKG Kantor Bandara Sultan Malikussaleh Nasrol Adil, lewat pesan singkat, Jumat (5/4/2019) menyebutkan, untuk hari ini, kondisi hujan deras disertai petir dan angin kencang juga terjadi di Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen dan Kabupaten Aceh Timur.

Baca juga: Viral Hujan Es di Jakarta, Ini Penjelasan BMKG...

Untuk kecepatan angin diperkirakan 15 knot.

“Kita imbau agar masyarakat waspada, kondisi cuaca ini berlangsung tiga hari. Angin kencang berpotensi terjadi itu 20 hingga 30 menit dari arah timur ke barat dan barat laut,”sebut Nasrol.

Baca juga: BMKG: Musim Kemarau Akan Terjadi pada April 2019

Untuk ketinggian gelombang laut terbilang normal 0,05 hingga 0,5 meter. Nasrol menyebutkan untuk Kabupaten Bireuen dan Kabupaten Bener Meriah hujan deras disertai angin kencang dan petir patut diwaspada pada 6-7 April 2019. Sedangkan pada 8 April, dua wilayah itu diperkirakan dalam kondisi berawan.

“Lebih baik waspada jika ada angin kencang, hindari daerah berbahaya misalnya dekat pohon dan lain sebagainya,” kata Nasrol.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com