Terima Suap, 28 Eks Anggota DPRD Kota Malang Divonis 4 Tahun Penjara

Kompas.com - 05/04/2019, 09:59 WIB
Sidang vonis 10 mantan anggota DPRD Malang di Pengadilan Tipikor Surabaya, Kamis (4/4/2019) KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALSidang vonis 10 mantan anggota DPRD Malang di Pengadilan Tipikor Surabaya, Kamis (4/4/2019)

SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 28 dari 40 bekas anggota DPRD Kota Malang sudah menerima vonis atas perkara gratifikasi PAPBD Kota Malang tahun anggaran 2015.

Sebanyak 12 orang di antaranya saat ini masih dalam proses sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor Surabaya.

Kamis (4/4/2019) giliran 10 terdakwa bekas anggota DPRD Malang sudah divonis majelis hakim yang dipimpin Cokorda Gede Arthana. Ke-10 terdakwa divonis lebih dari 4 tahun penjara.

Tujuh terdakwa divonis dengan hukuman masing-masing 4 tahun 1 bulan penjara. Mereka adalah Arief Hermanto, Choeroel Anwar, Suparno Hadiwibowo, Erni Farid, Teguh Mulyono, Choirul Amri, dan Harun Prasodjo.

Baca juga: Foto 12 Anggota DPRD Kota Malang Naik Kereta Api dengan Borgol dan Rompi Oranye

Sony Yudhiarto dan Teguh Puji Wahyono masing-masing divonis 4 tahun 2 bulan. Sementara Mulyanto divonis 4 tahun 6 bulan.

"Semua tedakwa dikenai denda sebesar Rp 200 juta subsider 1 bulan penjara," ucap Cokorda Gede Arthana.

Para terdakwa disebut terbukti melanggar Pasal 12a dan Pasal 12b Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi.

"Yang meringankan, semua terdakwa mengakui perbuatannya, dan tidak berbelit-belit, sementara pertimbangan yang memberatkan para terdakwa, yakni tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi, serta merusak marwah dan citra DPRD Kota Malang," kata Cokorda.

Menanggapi putusan hakim, jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara umum menerima amar putusan hakim. Jaksa hanya masih pikir-pikir vonis untuk terdakwa Sony Yudiarto.

"Karena terdakwa Sony belum mengembalikan uang kerugian negara," ujarnya.

Pada 19 Desember 2018 majelis hakim Tipikor Surabaya sudah menjatuhkan vonis untuk 18 bekas anggota DPRD Kota Malang. Sama dengan 10 terdakwa lainnya, ke-18 terdakwa juga divonis rata-rata lebih dari 4 tahun penjara dan dicabut hak politiknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X