Komentar Freeport soal Runtuhnya Material di Tambang Bawah Tanah

Kompas.com - 04/04/2019, 19:15 WIB
Kondisi longsor yang terjadi di tambang Freeport, Rabu (3/4/2019) Dok. ISTIMEWAKondisi longsor yang terjadi di tambang Freeport, Rabu (3/4/2019)


TIMIKA, KOMPAS.com - Insiden yang terjadi di tambang bawah tanah milik PT Freeport Indonesia, pada Rabu (3/4/2019), bukan longsor akibat dari adanya aktivitas geotech, tetapi jatuhnya material dari konveyor.

Juru bicara PT Freeport Indonesia, Riza Pratama mengatakan, insiden jatuhnya material dari jalur pengangkutan batuan bijih di area Ore Bin 6, Mile Post 74, Tembagapura, terjadi pukul 16.07 WIT.

Baca juga: Longsor di Tambang Freeport, Dua Karyawan Belum Ditemukan

Saat itu, material dari Pit Grasberg keluar dengan cepat melalui area Ore Bin 6 ketika karyawan sedang melakukan perbaikan pada sebuah feeder di area tersebut.


Hingga Kamis (4/4/2019) sore, tim penyelamat terus mencari dua karyawan yang hilang, yakni Kawi Yanto Waroy dan Taufik Adnin Rasyid.

Sementara, dua karyawan yakni Mesky Kambuan dan Yohanis Yoku, masih dalam observasi pihak medis di Rumah Sakit di Tembagapura, setelah pada hari Rabu sore kemarin berhasil diselamatkan.

Baca juga: Habis Sejak 15 Februari, Pemerintah Kembali Beri Izin Ekspor Freeport

"Dua korban selamat dengan cedera ringan telah dievakuasi dan masih dalam observasi pihak medis di Rumah Sakit," kata Riza, saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis malam.

"Para petugas Geo Engineering dan Inspektur Tambang tengah dan akan melakukan investigasi di lokasi kejadian," tambah Riza.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X