Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye di Purwokerto, Jokowi Paparkan 3 Kartu Sakti Andalan

Kompas.com - 04/04/2019, 15:43 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Rachmawati

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo saat kampanye di kompleks GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (4/4/2019) memaparkan 3 kartu sakti andalannya.

“Saya ingin cerita kartu-kartu. Pertama, ke depan kita keluarkan KIP (Kartu Indonesia Pintar) kuliah, biar anak-anak kita bisa kuliah semua. Dulu waktu saya kecil, orang tua miskin karena tinggal di bantaran kali. Ketakutan saya nggak bisa sekolah, kuliah. Dengan kartu ini semua anak-anak bisa kuliah, di dalam negeri dan luar negeri,” katanya.

Baca juga: Gunakan Jip, Jokowi Temui Ribuan Pendukungnya di Purwokerto

Selain itu Jokowi juga menjelaskan mengenai kartu pra kerja dan kartu sembako murah.

Kartu pra kerja akan diberikan kepada lulusan SMA/SMK atau perguruan tinggi untuk mendapatkan pelatihan sebelum masuk dunia kerja. Adapun kartu sembako murah, diberikan kepada warga agar dapat membeli sembako dengan harga murah.

“Tiga kartu ini, program ini, dimulai tahun depan, karena ini adalah program capres. Tahun ini diusahakan anggarannya, tahun depan dipakai anggarannya untuk 3 kartu ini,” ujar Jokowi.

Baca juga: Kamis Hari Ini, Jokowi Kampanye di Banyumas, Tegal dan Brebes

Salah satu pendukung Jokowi yang diminta naik ke atas panggung, Ega Febriana, warga Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah menyatakan mendukung program tersebut.

“Saya setuju KIP kuliah ini, karena sangat membantu untuk masa depan Indonesia yang lebih pintar dan calon pemimpin yang lebih maju. Kartu prakerja juga sangat berguna siswa yang baru lulus,” kata dia.

Hal senada disampaikan Rukiyah, warga Kedungbanteng, Banyumas, Jateng.

“Senang pak, terimakasih banget, buat membantu orang-orang tidak mampu seperti saya,” katanya ketika dimintai tanggapan soal kartu sembako murah oleh Jokowi di panggung utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com