Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hari Hilang, Kapal Cepat yang Angkut 5 Penumpang Tiba di Tual

Kompas.com - 03/04/2019, 19:58 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi


AMBON,KOMPAS.com-Sebuah kapal cepat atau speed boat yang dilaporkan hilang di Perairan Maluku Tenggara akhirnya tiba dengan selamat di Pelabuhan Nusantara, Tual, Rabu sore (3/4/2019).

Speed boat yang mengangkut lima orang penumpang ini sebelumnya dilaporkan hilang setelah bertolak dari Pulau Pasir dengan tujuan Pelabuhan Tual pada Senin (1/4/2019).

Kepala Kantor SAR Ambon Muslimin kepada Kompas.com mengatakan, speed boat tersebut hilang setelah mengalami gangguan pada mesinnya dan terombang ambing di laut.

Baca juga: Perahu Cepat Berpenumpang 5 Orang Hilang di Perairan Maluku

Adapun kelima penumpang yang berada di dalam speed boat tersebut yakni Dede (40), Arman (25), Teta (62), Kendat (35),dan Kenababil (30) selamat dalam musibah itu dan kini telah tiba di Kota Tual.

"Penyebab speed boat-nya hilang karena mesinnya mati. Tapi semuanya sudah tiba di Tual dengan selamat,"kata Muslimin, yang dihubungi via telepon selulernya Rabu petang.

Baca juga: Jembatan yang Hubungkan Tual-Maluku Tenggara Ambruk, 2 Orang Luka-luka

Dia menjelaskan, speed boat itu sempat terombang-ambing hingga terdampar di Pulau Manggar.

Juru mudi speed boat lalu berusaha memperbaiki gangguan mesin dan setelah itu speed boat dapat kembali bergerak dan akhirnya tiba di Pelabuhan Tual.

"Tim SAR sempat mendapat kontak saat speed boat terdampar di Pulau Manggar, namun saat kita bertolak dan tiba di sana, speed boat-nya sudah bertolak menuju Tual,"ungkapnya.

Muslimin mengatakan, meski hilang selama tiga hari namun seluruh penumpang dalam kondisi sehat. Para penumpang juga tidak dibawa ke rumah sakit setibanya di Tual.

Muslimin menambahkan, setelah speed boat tersebut tiba dengan selamat di Pelabuhan Tual maka operasi pencarian dinyatakan selesai.

"Dengan demikian operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com