Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Rustriningsih kepada Prabowo-Sandi Dinilai Tak Pengaruhi Suara Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 03/04/2019, 16:47 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Dukungan mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih kepada pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dinilai tidak akan mempengaruhi perolehan suara pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

“Kemarin Sudirman Said menang (pemilihan gubernur Jateng 2018) di Kebumen karena PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dan Fatayat NU,” kata Sekretaris Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kebumen, Jateng, Bambang Tri Saktiono, saat dihubungi, Rabu (3/4/2019).

Saat pilgub Jateng, Sudirman Said berpasangan dengan Ida Fauziah, kader dari PKB sekaligus Fatayat NU.

Namun, peta politik di Jateng saat pilpres ini telah berubah, di mana PKB menjadi partai pengusung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca juga: Dukung Prabowo-Sandiaga, mantan Wagub Jateng Rustriningsih Diminta Mundur dari PDI-P

“Jadi kemenangan (pilgub di Kebumen) kemarin bukan karena Mbak Rustri mendukung sana, tapi (karena) Sudirman Said didukung PKB dan Fatayat NU,” ujar Bambang Tri.

Namun, dia tidak memungkiri, sebagian kader PDI-P di Kebumen ada yang mengikuti jejak Rustriningsih, terutama para loyalisnya.

“Kami tidak takut, dalam arti tidak terlalu menghiraukan Beliau, karena kami punya progress sendiri yang mengacu tugas partai, tugas komandan, tugas ketua umum. Kalau pimpinan mendukung Jokowi, otomatis yang lain menindaklanjutinya,” katanya.

Baca juga: Kampanye di Jateng, Prabowo Didukung Bibit Waluyo dan Rustriningsih

Menanggapai hal itu, Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Kebumen, Jateng Agung Prabowo mengatakan, dukungan Rustri akan berdampak positif terhadap perolehan suara Prabowo-Sandi.

“Tinggal konteksnya kan yang menyampaikan itu objektif apa nggak, sekecil apapun orang kan punya dampak dan pengaruhnya ada. Apalagi Bu Rustri tokoh yang memang banyak prestasi dalam dunia politik,” kata dia.

Rustri dinilai masih punya pengaruh besar di Kebumen dan wilayah Jateng pada umumnya.

Kegiatan Rustriningsih dalam bidang sosial kemasyarakatan, bisnis, dan jaringan yang luas, menurut Ketua DPC Gerindra Kebumen ini, akan membantu menggenjot perolehan suara pasangan 02.

“Dengan adanya Bu Rustri tentu akan berdampak baik bagi Prabowo-Sandi. Bu Rustri itu ikon, tokoh legendaris, bahkan PDI-P sendiri dulu mempromosikan jadi calon menteri, sebagai srikandi PDI-P. Jadi memang rivalitas politiknya, bagaimana menjatuhkan Bu Rustri setelah tidak bersama mereka, saya kira biasa itu, normatif,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com