Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Bawaslu Garut Periksa Mantan Kapolsek Pasirwangi AKP Sulman Aziz

Kompas.com - 03/04/2019, 16:26 WIB
Ari Maulana Karang,
Khairina

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut, Kamis (4/4/2019) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Kapolsek Pasirwangi AKP Sulman Aziz.

Pemeriksaan ini dilakukan terkait pernyataan Sulman Aziz kepada media pada Minggu (31/3/2019) di kantor Hukum dan HAM Lokataru Jakarta soal netralitas lembaga kepolisian dalam pilpres.

Ahmad Nurul Syahid, komisioner Bawaslu Garut bidang Hukum, Data dan Informasi didampingi komisioner Bawaslu lainnya Asep Burhanudin dan Kim Imron, Rabu (3/4/2019) menyampaikan, Sulman Aziz dijadwalkan diperiksa Kamis (4/4/2019) di kantor Bawaslu.

Rencananya, menurut Ahmad, Sulman akan dimintai keterangan soal pernyataannya di kantor Lokataru pada media.

Baca juga: Bawaslu Garut Akan Panggil Mantan Kapolsek Pasirwangi AKP Sulman Aziz

Bawaslu telah mengantongi bukti berupa rekaman video saat Sulman berbicara di kantor Lokataru pada media.

"Jadi rekaman videonya bukan video Kapolres memberikan arahan, tapi video yang saat ini telah beredar luas di masyarakat saat Sulman berbicara kepada media," jelasnya.

Ahmad menuturkan, Bawaslu Garut  tidak mempunyai bukti video pengarahan dari Kapolres seperti yang disampaikan Sulman pada media. Makanya, kemungkinan Bawaslu juga akan meminta keterangan dari Kapolsek lainnya selain Sulman.

"Karena kan keterangan dari Sulman arahan disampaikan saat rapat, pasti ada Kapolsek lain," katanya.

Baca juga: Kata Haris Azhar, Sebelum Cabut Laporan Sulman Aziz Ditemui Pejabat Polda Jabar

Ahmad yang biasa dipanggil Ayi menegaskan, meski sebelumnya Sulman telah mencabut pernyataannya saat di Lokataru, pihaknya tetap akan meminta keterangan dari Sulman.

Pertanyaan yang akan disampaikan pun, seputar pada isi pernyataan Sulman kepada media soal netralitas kepolisian dalam Pilpres 17 April 2019 nanti.

Sebelumnya, mantan Kapolsek Pasirwangi AKP Sulman Aziz membuat pernyataan kepada media soal netralitas kepolisian di Garut dalam Pilpres.

Sulman menyatakan, Kapolres Garut dalam sebuah rapat menginstruksikan agar para Kapolsek menggalang dukungan untuk pasangan capres cawapres nomor urut 01.

Namun, sehari kemudian Sulman mencabut pernyataan tersebut di Mapolda Jabar didampingi Kabid Humas Polda Jabar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com