Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor UNY Realisasikan Konser Dies Natalis Bayar Tiket dengan IPK

Kompas.com - 03/04/2019, 11:30 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.comRektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, merealisasikan ucapannya mengenai penyelenggaraan konser dies natalis ke-55 UNY , yang menjadikan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa sebagai tiketnya.

Hal itu ia sampaikan melalui unggahan foto di Instagram-nya @sutrisna.wibawa pada Selasa (2/4/2019) malam. Unggahan menampilkan foto dirinya yang tengah berdiri bersama Wakil Rektor III UNY dan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah DIY.

Meski menjabat sebagai seorang rektor, di media sosial Sutrisna terkenal sebagai sosok yang gemar melemparkan humor. Ini termasuk saat mengumumkan rencana konser dengan sistem tiket yang unik ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Saya didampingi WR 3 dan Dirut BPD DIY serta para direktur, tadi berrembuk.... akhirnya karena respon dari para netizen yang luar biasa. Alhamdulillah konser musik dalam rangka Dies natalis UNY jadi digelar! Disponsori oleh BPD DIY! Insya Allah konser akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 1 Mei 2019 pukul 19.00- selesai di GOR UNY dengan bintang tamu MALIQ & D'Essentials! Diramaikan juga oleh Band Sicma UNY! Konser ini diadakan khusus, hanya untuk Mahasiswa UNY. Mohon siapkan KTM dan transkip nilai kalian! Persiapan juga, nanti harus login di Siakad untuk mendapatkan tiket konser. Kelas tiket berdasarkan IPK! . . *catatan: . . - persiapkan KTM dan transkip nilai - Amankan KTM kalian . - Waspada terhadap penyusup! - Yang paling kece dalam foto ini saya, walau pun tampang sangar tapi hati tetep hello kitty, terbukti dengan warna baju yang begitu membumi. . -Viralkan biar semua mahasiswa UNY tau dan ikut bersuka cita memeriahkan dies! . Ramaikan hastagnya! #diesnatalis55uny #TiketKonserPakeIPK #uny

A post shared by Sutrisna wibawa (@sutrisna.wibawa) on Apr 2, 2019 at 2:13am PDT

Unggahan itu pun dipenuhi dengan komentar pengguna Instagram yang sebagian besar senang dan mendukung rencana Sutrisna.

Salah satunya akun @firaamaliya yang membuatkan pantun khusus.

"Ada yuyu kena palu Thor, we love you Pak Rektor," tulisnya.

Namun, ada juga yang sedih tidak bisa menonton bersama sang kekasih, lantaran IPK yang jauh berbeda.

"Bapak, IPK saya 3,6 pacar saya 3,2. Yah, kita nontonnya harus terpisah dong, Pak," tulis akun @fahrilandung.

Baca juga: Viral Chat Rektor dengan Mahasiswi soal Konser Dibayar IPK, Ini Kisahnya

Penjelasan Rektor UNY

Saat dihubungi Rabu (3/4/2019), Sutrisna menjelaskan tujuan dari ide unik penyelenggaraan konser ini.

"Iya, semula guyonan saja untuk menjelaskan bahwa prestasi itu penting. Alhamdulillah bisa direalisasi. Saya tetap menggunakan IP untuk memotivasi mahasiswa meningkatkan prestasi," kata Sutrisna.

Tidak seperti konser musik lainnya yang menentukan kelas tiket berdasarkan perbedaan harga, di konser yang rencananya digelar 1 Mei mendatang ini, tinggi rendah IPK mahasiswa lah yang akan menentukan kelas tiket apa yang akan diperoleh.

Ada kelas Festival, Tribun, VIP, VVIP, atau yang lainnya. Namun, saat ditanya tentang pembagian ini, Sutrisna menyebut belum ada aturan finalnya.

"Belum ada aturan pasti, tetapi akan dikelompokkan antara (IPK) 3,5-4, 3-3,5, 2,5-3, dan 2-2,5," ujar dia. 

Konser ini rencananya akan diselenggarakan di GOR UNY, Jalan Colombo, dan mengundang kelompok musik beraliran pop jazz, Maliq & D’essentials.

Seluruh mahasiswa aktif UNY diperkenankan untuk ikut memeriahkan konser dengan tata cara yang telah disebutkan rektor melalui unggahannya, yakni mencetak tiket di sistem akademik kampus.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com