Bangkai Paus Terdampar Gegerkan Warga Kampung Timika Pantai, Papua

Kompas.com - 02/04/2019, 20:27 WIB
Bangkai ikan paus yang terdampar di Kampung Timika Pantai, Selasa (2/4/2019) ISTIMEWABangkai ikan paus yang terdampar di Kampung Timika Pantai, Selasa (2/4/2019)


TIMIKA, KOMPAS.com - Bangkai seekor paus yang terdampar di Kampung Timika Pantai, Distrik Mimika Tengah, Mimika, Papua, menghebohkan warga sekitar, Selasa (2/4/2019).

Polisi dan Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) kemudian menuju lokasi tempat terdamparnya paus tersebut.

Kepala Satuan Polairud Polres Mimika, Iptu J Limbong mengatakan, saat pihaknya tiba di lokasi, paus tersebut sudah mulai membusuk.

Baca juga: Bangkai Paus Raksasa Terdampar di Pesisir Pantai Pulau Buru

Paus berjenis paus bryde itu diperkirakan telah mati dua hari sebelumnya. Diduga, dibawa oleh arus sehingga terdampar di perairan Timika Pantai.

"Ini karena kondisinya sudah mulai membusuk dan mengeluarkan bau tak sedap," kata Limbong, Selasa malam.

Paus nahas ini memiliki panjang sekitar 10 meter dengan ukuran lingkar badan 5 meter lebih. Dadanya berwarna putih dan diperkirakan masih anak.

Setelah polisi melakukan koordinasi dengan PSDKP, bangkai paus itu rencananya akan ditenggelamkan ke laut. Sebab, sudah mulai membusuk sehingga ditakutkan akan menimbulkan penyakit di masyarakat.

Baca juga: Bangkai Paus Sepanjang 15 Meter Ditemukan Terdampar di Bali

“Takutnya bangkai ini meledak kalau terlalu lama, sehingga akan menimbulkan penyakit di masyarakat,” ujar Iptu Limbong.

Terdamparnya bangkai ikan paus ini pertama kali diketahui sepasang suami istri yang hendak ke parkiran perahu di bibir kali Kampung Timika Pantai. Temuan bangkai ikan paus ini pun dilaporkan ke pemerintahan distrik.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X