Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pasutri Jadi Caleg Beda Dukungan Capres, Klaim Kecempret hingga Usung Koalisi Cinta Indonesia

Kompas.com - 02/04/2019, 15:22 WIB
Ari Maulana Karang,
Khairina

Tim Redaksi

 

GARUT, KOMPAS.com – Kedewasaan masyarakat dalam berpolitik di Indonesia bisa terlihat dari pasangan suami istri Azam Jam Romdon dan Ranti Eka Pertiwi yang tinggal di Desa Girijaya Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.

Meski pasangan suami istri, keduanya berani berbeda pilihan politik dengan menjadi calon legislatif dari dua partai berbeda.

Azam adalah calon legislatif dari Partai Berkarya di Daerah Pemilihan (Dapil) IV Kabupaten Garut. Sementara, Ranti istrinya adalah calon legislatif di Dapil I Kabupaten Garut dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga: DPRD Banyumas Minta Pengobatan Caleg Depresi Dibiayai Pemerintah Daerah

Karena berbeda partai, keduanya pun saat ini mengkampanyekan pasangan capres-cawapres yang berbeda.

Azam mengkampanyekan pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi, sementara Ranti mengkampanyekan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dunia politik, bagi Azam sendiri bukanlah hal baru. Dia banyak aktif dalam berbagai kegiatan di masyarakat, terutama di Kecamatan Cikajang.

Azam pernah berkarier di Partai Kebangkitan Bangsa hingga menjadi Sekretaris Jenderal DPC PKB Kabupaten Garut. Makanya, tahun 2009 dirinya pun sempat menjadi caleg PKB.

Baca juga: Bawaslu Hentikan Kasus Caleg Demokrat Kirim Warga Umrah

Selain berani maju sebagai calon legislatif, Azam ternyata juga pernah ikut mencalonkan diri menjadi calon Bupati Garut pada tahun 2004 lalu. Saat itu, pemilihan bupati masih dilakukan oleh anggota DPRD Garut.

Satu motif Azam terjun ke dunia politik sejak dulu, yaitu ingin melakukan perubahan. Ia menirukan perkataan John F Kennedy yaitu “berusaha berfungsi meluruskan segala sesuatu yg terasa mulai membengkok”

Azam menceritakan, dirinya menikahi istrinya, Ranti Eka Pertiwi pada tahun 2011 setelah mengenalnya dalam sebuah acara kesenian dan kebudayaan.

Azam sendiri selama ini memang aktif dalam berbagai aktivitas kebudayaan di Garut, begitu pula istrinya hingga keduanya pun saling berkenalan dan menikah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com