Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oded Tinjau Langsung SDN Aji Tunggal yang Rusak Akibat Tanggul Jebol

Kompas.com - 02/04/2019, 14:35 WIB
Putra Prima Perdana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengunjungi SD Aji Tunggal, Jalan Sukup Baru, Kelurahan Pasirendah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Selasa (2/4/2019).

SDN Aji Tunggal rusak berat pasca diterjang air deras akibat jebolnya tanggul Sungai Cicalobak di belakang sekolah

Dalam kunjungannya, Oded meninjau upaya pembersihan sekolah dari lumpur dan sampah yang dibawa oleh air deras, Senin (1/4/2019) sore kemarin.

“Tanggul atau kirmir di sini(belakang sekolah) jebol akibat kirmir sebelah sana duluan roboh. Ketika air berbalik di sini jadi jebol. Alhamdulillah tidak ada korban,” kata Oded saat ditemui seusai kunjungan, Selasa siang.

Baca juga: Sekolah Rusak akibat Tanggul Jebol, Siswa SDN Aji Tunggal Bandung Libur

Sebagai langkah penanganan, Oded meminta kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi untuk secepatnya memperbaiki tanggul jebol di belakang sekolah agar proses belajar mengajar bisa kembali diselenggarakan.

“Saya sudah instruksikan kepada Pak Kadis, yang diutamakan yang ini dulu (tanggul belakang sekolah). Kita perbaiki dulu kemudian kita fokus ke sekolah. Kita perbaiki permanen, tapi sementara masih pakai (karung) pasir,” tuturnya.

Oded pun mengimbau kepada warga masyarakat sekitar untuk meningkatkan kewaspadaan apabila hujan lebat kembali terjadi di wilayah tersebut.

Baca juga: Bandung Tidak Raih Adipura, Oded Tidak Kecewa

 

Pasalnya, beberapa bulan lalu, tidak jauh dari daerah tersebut, air deras akibat tanggul jebol juga pernah terjadi dan mengakibatkan tiga orang meninggal dunia.

“Saya mengimbau kepada warga di sini hati-hati karena hujan masih terus terjadi di sini atau di atas. Warga juga harus hati-hati apabila ada banjir kiriman. Di bawah tidak hujan tapi di atas hujan, ini yang harus diwaspadai,” imbuhnya.

Baca juga: Tanggul Jebol, Siswa SDN Aji Tunggal Bandung Terjebak di Sekolah

Di tempat yang sama, Camat Ujungberung, M Taufik memastikan kerusakan akibat terjangan air deras yang meluap dari jebolnya tanggul Sungai Cicalobak Senin sore kemarin hanya terjadi di SDN Aji Tunggal.

“Kerusakan hanya di SD saja. Tembom perpusatakaan bobol. Tidak ada dampak lain ke rumah masyarakat, hanya air saja naik sedikit,” tuturnya.

Taufik berharap lubang di badan tanggul sepanjang 7 meter dan tinggi 2 meter segera diperbaiki agar kegiatan belajar mengajar di SDN Aji Tunggal bisa kembali diselenggarakan.

“Harapannya agar tanggul cepat diperbaiki semaksimal mungkin. Karena kalau tidak ditangani akan mengancam warga lainnya,” katanya.

Baca juga: Tanggul Jebol di Bandung, Pemkab Tambal Sementara dengan Bronjong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com