UNBK di Polewali Mandar, 2 Sekolah Menumpang hingga Pinjam Laptop dari Sana Sini

Kompas.com - 02/04/2019, 13:26 WIB
Karena terkendala sarana dan prasarana, dua sekolah di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menumpang UNBK di sekolah lain. KOMPAS.com/ JUNAEDIKarena terkendala sarana dan prasarana, dua sekolah di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menumpang UNBK di sekolah lain.

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, masih diwarnai oleh sejumlah kendala, mulai dari sarana dan prasarana komputer hingga masalah infrastruktur jaringan telekomunikasi yang tidak tersedia. Sejumlah sekolah terpaksa menumpang di sekolah lain agar bisa mengikuti UNBK.

Puluhan siswa Madrasah Aliah (MA) DDI Polewali dan MA Al Syariah Desa Bunga-bunga, Kecamatan Matakali, misalnya, terpaksa harus menumpang ujian di sekolah lain.

Sebanyak 72 siswa dari kedua sekolah tersebut terpaksa harus menempuh jarak sekitar 5 kilometer untuk mengikuti UNBK di sekolah Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Polewali yang terletak di Kecamatan Matakali.

Para siswa yang menumpang UNBK antara lain dari MA Al syariah Bunga-bunga sebanyak 31 orang dan dari MA DDI Polewali 41 orang.

Hal tersebut terpaksa dilakukan karena sekolah mereka belum memiliki srana dan fasilitas komputer, termasuk jaringan telekomunikasi yang tidak tersedia untuk melaksanakan UNBK secara mandiri.

Baca juga: Ganjar: Komputer Terserang Virus, Satu Sekolah Batal Ikut UNBK

Kepala Madrasah Aliah Al Syariah Bunga-bunga, Agus mengatakan, pihaknya terpaksa mengikutsertakan siswanya sebanyak 31 UNBK di MAN 2 Polewali karena belum ada fasilitas dan jaringan internet di sekolahnya.

"Alhamdulillah, pihak sekolah MAN 2 bersedia menerima siswa kami untuk menumpang UNBK di sini. Ini sudah kedua kalinya kami menumpang UNBK di sini," katanya.

Meski menumpang di sekolah lain, namun menurut Agus, hal ini semakin menambah hubungan tali silaturahmi antar-siswa dan guru dengan kedua sekolah yang berbeda tersebut.

Agus berharap agar ke depan pemerintah bisa memberi fasilitas komputer jaringan telekomunikasi internet di sekolahnya agar mereka bisa melaksanaan UNBK sendiri.

Sementara itu, Kepala Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Polewali, Budiman mengatakan, ada dua sekolah yang menumpang UNBK di sekolahnya, yakni MA Alsyariah Bunga-bunga dan MA DDI Polewali.

Jumlah seluruh siswa yang mengikuti UNBK di MAN 2 Matakali dari tiga sekolah sebanyak 137 orang, termasuk siswa dari sekolah yang menumpang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X