Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Priyo Budi Santoso Sebut Jokowi Buka Rahasia Kekuatan Negara dalam Debat Capres

Kompas.com - 01/04/2019, 20:41 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi


SURABAYA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Sandi, Priyo Budi Santoso menyayangkan pernyataan capres Joko Widodo yang mengumbar informasi kekuatan militer RI di hadapan publik saat debat capres keempat akhir pekan lalu.

"Harusnya informasi kekuatan militer hanya dimiliki panglima tertinggi dan panglima militer karena itu menyangkut informasi rahasia kekuatan negara," kata Priyo di Surabaya, Senin (1/4/2019).

Dia berharap, apa yang diucapkan Jokowi bisa dimaklumi dan tidak menjadi blunder dan justru mengancam keamanan negara.

"Ini kan sudah terlanjur, semoga tidak membawa efek. Pak Presiden lain kali harus hati-hati," jelasnya.

Baca juga: KPU Batalkan Keikutsertaan Partai Berkarya di 2 Kabupaten, Ini Kata Priyo Budi

Dalam debat yang digelar di Hotel Shangrila Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam, kedua capres membahas tentang anggaran pertahanan negara.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengakui anggaran pertahanan tidak terlalu besar.

Namun, menurut Jokowi, kekuatan sistem pertahanan dapat dibangun tanpa harus membelanjakan alat utama sistem persenjataan ( alutsista).

Menurut Jokowi, masalah minimnya anggaran dapat disiasati dengan investasi di bidang alutsista.

Menurut Jokowi, anggaran di Kementerian Pertahanan bisa digunakan untuk membangun industri alutsista. Misalnya, Tank Harimau yang diproduksi Indonesia. Kemudian, seperti produksi Kapal Selam Ardedali yang diciptakan atas hasil kerja sama Indonesia dengan negara lain.

Sementara itu, Prabowo menyebut, anggaran untuk pertahanan dan keamanan hanya 5 persen dari APBN dan 0,8 persen dari GDP. Sementara di Singapura, anggaran pertahanannya 30 persen dari APBN dan 3 persen dari GDP.

Padahal, menurut Prabowo, pertahanan dan keamanan adalah hal yang penting. Kebijakan pemerintah dalam hal ini harus dikaji kembali.

Kompas TV Jelang kampanye rapat umum Pemilu 2019 besok Badan Pemenangan Prabowo-Sandi melakukan pertemuan dengan pimpinan Parpol pengusung Prabowo-Sandi di kediaman Prabowo Subianto di jalan Kertanegara, Jakarta. Pertemuan ini dihadiri ketua BPN Prabowo-Sandi Djoko Santoso tampak pula para Sekjen Parpol koalisi pengusung Prabowo-Sandi seperti Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, sekjen partai Demokrat Hinca Panjaitan dan Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso. #BPN #PrabowoSubianto #Pemilu
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com