Polda Jabar Akan Periksa Mantan Kapolsek Pasirwangi yang Mengaku Diminta Menangkan Jokowi

Kompas.com - 01/04/2019, 19:38 WIB
Ilustrasi PolisiThinkstock/Antoni Halim Ilustrasi Polisi

BANDUNG, KOMPAS.com – Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Barat akan memeriksa mantan Kapolsek Pasirwangi AKP Sulman Azis.

Sulman akan diperiksa terkait ucapannya yang mengaku diperintah Kapolres Kabupaten Garut untuk menggalang dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019.

“Akan dimintai klarifikasi dan keterangannya,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (1/4/2019).


Baca juga: Kapolres Garut Bantah Tudingan Perintahkan Kapolsek Menangkan Jokowi

Trunoyudo menjelaskan, Polri memiliki standar operasional prosedural (SOP) atau aturan yang mengikat, baik secara internal maupun eksternal.

Untuk internal, meliputi banyak hal seperti kode etik dan disiplin. Dari sisi eksternal, ada sejumlah undang-undang yang mengikat dan harus dipatuhi.

Apabila ada yang melenceng dari aturan yang sudah ada tersebut, maka siapapun anggota Polri harus mempertanggungjawabkan.

Ketika ditanya kapan waktu pemeriksaan akan dilakukan, Trunoyudo belum bisa memastikan. Yang pasti pihaknya akan menginformasikan perkembangan kasus tersebut.

Sebelumnya, Sulman membuat pernyataan ke publik bahwa dirinya diperintahkan Kapolres Kabupaten Garut menggalang dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf.

Perintah serupa juga diberikan kepada kapolsek lainnya di wilayah Kabupaten Garut.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X