Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Jabar Akan Periksa Mantan Kapolsek Pasirwangi yang Mengaku Diminta Menangkan Jokowi

Kompas.com - 01/04/2019, 19:38 WIB
Reni Susanti,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Barat akan memeriksa mantan Kapolsek Pasirwangi AKP Sulman Azis.

Sulman akan diperiksa terkait ucapannya yang mengaku diperintah Kapolres Kabupaten Garut untuk menggalang dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019.

“Akan dimintai klarifikasi dan keterangannya,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (1/4/2019).

Baca juga: Kapolres Garut Bantah Tudingan Perintahkan Kapolsek Menangkan Jokowi

Trunoyudo menjelaskan, Polri memiliki standar operasional prosedural (SOP) atau aturan yang mengikat, baik secara internal maupun eksternal.

Untuk internal, meliputi banyak hal seperti kode etik dan disiplin. Dari sisi eksternal, ada sejumlah undang-undang yang mengikat dan harus dipatuhi.

Apabila ada yang melenceng dari aturan yang sudah ada tersebut, maka siapapun anggota Polri harus mempertanggungjawabkan.

Ketika ditanya kapan waktu pemeriksaan akan dilakukan, Trunoyudo belum bisa memastikan. Yang pasti pihaknya akan menginformasikan perkembangan kasus tersebut.

Sebelumnya, Sulman membuat pernyataan ke publik bahwa dirinya diperintahkan Kapolres Kabupaten Garut menggalang dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf.

Perintah serupa juga diberikan kepada kapolsek lainnya di wilayah Kabupaten Garut.

Kompas TV Gerai sebuah diler sepeda motor di Jalan Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, diduga ditembak oleh seseorang, Selasa (26/3). Terdapat dua lubang bekas tembakan ditemukan bersarang di kaca depan showroom itu. Kapolres Kulonprogo, AKBP Anggara Nasution, menerangkan penembakan kaca diler itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Dari bukti yang ditemukan itu, kemungkinan pelaku menggunakan senapan angin dalam menjalankan aksinya. Hingga kini, polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui identitas pelaku dan motif penembakan ini. #PenembakanYogyakarta #ShowroomDitembak #Penembakan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com