Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Bocah di Jombang 8 Kali Curi Motor, Ini Lokasi yang Pernah Disasar

Kompas.com - 01/04/2019, 19:25 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Khairina

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Jombang Jawa Timur, mengamankan 4 bocah berusia belasan tahun karena diduga melakukan pencurian motor di sejumlah lokasi, Minggu (31/3/2019).

Keempat bocah yang kini ditahan di Mapolres Jombang, yakni MN (16), ISA (15), serta ABH (15), dan PRA (16). Dalam aksi pencurian, MN dan ISA berperan sebagai eksekutor.

MN adalah pelajar asal Desa Plosogenuk, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang. Sedangkan ISA, tinggal di Desa Tinggar, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Sementara untuk ABH dan PRA, keduanya sama-sama tinggal di satu dusun di Desa Plosogenuk, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Baca juga: Empat Bocah di Jombang Berkomplot Curi Motor

Kasat Reserse dan Kriminal Polres Jombang, AKP Azi Pratas Guspitu mengatakan, keempat bocah tersebut ditangkap pada Minggu (31/3/2019) kemarin dan kini ditahan di Mapolres Jombang.

"Dari hasil pengembangan sementara, pelaku telah melakukan pencurian di beberapa TKP (tempat kejadian perkara)," ungkapnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/4/2019).

Disebutkan, keempat bocah tersebut diidentifikasi sudah melakukan aksi pencurian motor sebanyak 8 kali. Motor yang diincar rata-rata motor yang ditinggal pemiliknya saat menghadiri sebuah acara atau kegiatan.

Aksi pertama komplotan ini dilakukan pada Oktober 2018. Mereka mencuri di dua lokasi, yakni di Desa Tinggar, Kecamatan Bandar Kedungmulyo dan di Desa Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh.

Pada Januari 2019, komplotan ini mencuri motor di Desa Pundong, Kecamatan Diwek.

Aksi mereka dilanjutkan pada Maret 2019 dan beraksi di 5 TKP.

Kelima aksi pencurian tersebut, yakni 2 TKP di Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, 1 TKP di wilayah Kecamatan Jombang, serta 2 TKP di Desa Banjardowo, Kabupaten Jombang.

"Aksi terakhir dilakukan di dusun Gedangkeret Desa Banjardowo Kecamatan Jombang," jelas Azi Pratas Guspitu.

Baca juga: Pelajar Curi Motor gara-gara Ingin Ganti Mesin Motornya yang Rusak

Dijelaskan, terungkapnya 4 bocah sebagai komplotan pencuri motor berawal dari penyelidikan polisi atas hilangnya 2 unit motor, pada Minggu (24/3/2019) lalu.

Kedua motor tersebut hilang saat ditinggal pemiliknya menonton acara pentas seni tradisional di Dusun Gedangkeret, Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dari pengembangan kasus itulah, terungkap jika para pelaku sudah berulangkali melakukan aksi pencurian motor.

"Para tersangka saat ini ditahan," kata Azi Pratas kepada Kompas.com.

Selain mengamankan para tersangka, polisi juga mengamankan 3 unit motor Honda C70, 1 unit motor Vega, serta 2 unit motor Honda C70 dalam kondisi terpisah.

Kompas TV Jumat (17/3) malam, warga Jalan Lontar Atas, Tanah Abang, dihebohkan dengan aksi penggelapan motor oleh seorang WNA.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com