Kilas Daerah Semarang
KILAS DAERAH

Pembangunan Gedung Parkir Pandanaran DItargerkan Rampung September

Kompas.com - 01/04/2019, 18:51 WIB
Pembangunan Gedung Parkir di kawasan oleh - oleh Pandanaran Kota Semarang memasuki tahap topping off, Senin (4/1/2019). Dok. Humas Pemerintah Kota SemarangPembangunan Gedung Parkir di kawasan oleh - oleh Pandanaran Kota Semarang memasuki tahap topping off, Senin (4/1/2019).

KOMPAS.com - Pembangunan Gedung Parkir di kawasan oleh - oleh Pandanaran Kota Semarang yang menjadi satu dengan Gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang memasuki tahap topping off.

Gedung 10 lantai yang dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang ini pun ditargetkan rampung dikerjakan pada September tahun ini. Padahal dalam kontrak pembangunannya ditetapkan selesai di bulan Desember.

Gedung parkir tersebut pun diyakini sebagai sebuah pembangunan monumental. Pasalnya dengan perkembangan sektor pariwisata Kota Semarang yang pesat, Pemkot Semarang dituntut mampu memberikan solusi atas kebutuhan lahan parkir di sentra pusat oleh - oleh tersebut.

Adapun tempat parkir dalam gedung Pandanaran akan dibagi dalam dua area, yaitu area parkir basement dan area parkir lantai tiga hingga tujuh.

Setiap lantai digadang-gadang memiliki kapasitas 150 kendaraan, baik mobil dan motor. Dengan demikian Pemkot Semarang optimis jika gedung parkir yang dibangun tersebut dapat menampug sekitar 900 kendaraan.

Pengembangan kota paling dilematis

Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi yang hadir dalam kegiatan seremonial topping off mengatakan, pada periode 2011 dirinya mengamati jika pusat oleh-oleh Pandanaran di Kota Semarang dapat menjadi salah satu titik pengembangan kota yang paling dilematis.

Pasalnya, sebagai kawasan emas Kota Semarang dengan potensi perputaran ekonomi tinggi, kawasan Pandanaran berada pada jalan protokol yang akan dikeluhkan masyarakat jika terjadi kemacetan.

Benar saja, seiring dengan perkembangan sektor pariwisata Kota Semarang, wisatawan yang berbelanja oleh-oleh di kawasan Pandanaran itu pun semakin membludak. Dampaknya kemacetan pun timbul akibat banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan.

“Di satu sisi ekonomi memang tumbuh dengan baik, tapi sisi lain warga jadi terganggu. Maka pembangunan tempat parkir ini saya rasa menjadi solusi pengembangan kawasan oleh-oleh Pandanaran," tegas Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut seperti dalam keterangan tertulisnya. 

Ke depan, kata dia, Pemekot Semarang merencanakan pula untuk menyambungkan Gedung Parkir Pandanaran ke titik pusat oleh - oleh di kawasan tersebut melalui sky bridge.

Dengan begitu, pengunjung yang mengakses kawasan pusat oleh - oleh dari gedung parkir juga akan difasilitasi lift untuk mempermudah akses.

Di sisi lain, Gedung Parkir Pandanaran yang terdiri dari 10 lantai tersebut akan dilengkapi dengan Puskemas. Menurut rencana lantai satu dan dua di gedung ini akan digunakan sebagai Puskesmas Pandanaran,

Adapun lantai 8 hingga 10 akan difungsikan sebagai Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya