30 Menit Lesehan di Lantai, Jokowi Dengarkan Curhat Korban Banjir Sentani

Kompas.com - 01/04/2019, 14:10 WIB
Presiden Joko Widodo sedang duduk bersama dengan para pengungsi korban bencana banjir bandang di GOR Toware, Kabupaten Jayapura (1/4/2019). KOMPAS.com/DHIAS SUWANDIPresiden Joko Widodo sedang duduk bersama dengan para pengungsi korban bencana banjir bandang di GOR Toware, Kabupaten Jayapura (1/4/2019).

JAYAPURA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo duduk bersama para pengungsi bencana banjir bandang Sentani yang ada di GOR Toware, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (1/4/2019).

Sekitar 30 menit, sambil duduk bersila di lantai, Presiden Jokowi mendengarkan keinginan para pengungsi. Dia kemudian menyampaikan bahwa para korban terdampak bencana tidak mungkin dikembalikan ke tempat tinggalnya.

"Ini harus direlokasi karena tempat yang lama tidak aman, tempat yang rawan bencana. Oleh sebab itu harus dipindahkan," ujar Jokowi yang didampingi istrinya, Iriana Joko Widodo.

Baca juga: Cerita Ayah yang Bayinya Tertimbun 14 Jam Pascabanjir Sentani Jayapura


 

Pemerintah pusat, lanjut presiden, akan membangunkan rumah permanen bagi para pengungsi saat lahannya sudah tersedia.

Dia pun meminta Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Jayapura segera menetapkan lokasi relokasi tersebut.

"Relokasinya akan segera ditetapkan oleh gubernur dan bupati. Kalau sudah tempatnya nanti dibebaskan dan sudah ditetapkan, baru kita akan masuk untuk pembangunan rumahnya," katanya.

"Tapi saya ingin secepatnya ada penetapan lokasi sehingga masyarakat bisa mendapatkan kepastian," tambah Jokowi.

Baca juga: Antisipasi Banjir Susulan di Sentani, Ini 2 Langkah Pemerintah

Setelah mengunjungi pengungsi di GOR Toware, Presiden diagendakan menggelar pertemuan tertutup dengan para tokoh agama di Swiss-Belhotel di Kota Jayapura, sebelum bertolak ke Sorong, Papua Barat, pada Senin petang.

Sebagai informasi, jumlah pengungsi di GOR Toware mencapai 550 jiwa dan mereka adalah sebagian dari total sekitar 7.000 jiwa yang terdampak bencana banjir bandang yang terjadi pada 16 Maret 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X