Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan Jokowi-Ma'ruf: Ada Gerakan yang Giring Massa untuk Golput di Kabupaten Bandung

Kompas.com - 01/04/2019, 08:40 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Relawan pemenangan pasangan Capres Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin, Tim Khusus (Timsus) 1901 Kabupaten Bandung, khawatir isu golput akan berdampak pada elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Kabupaten Bandung.

Ketua Timsus 1901 Kabupaten Bandung, Asep Wanda mengatakan, isu golput di Kabupaten Bandung wajib diantisipasi.

“Beberapa hari jelang pemilu ini kami juga sudah menerima informasi bahwa ada gerakan-gerakan yang menggiring massa untuk golput nanti di hari H pencoblosan," ujar Asep dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (31/3/2019).

Lebih lanjut Asep menambahkan, pihaknya telah mengimbau pemilih yang ada di Kabupaten Bandung agar tidak terpengaruh dengan adanya ajakan atau gerakan golput di TPS pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Baca juga: Jokowi: Jangan Biarkan Satu Orang Pun di Bali yang Golput

Sebagai salah satu relawan yang juga memiliki peran memberi pendidikan politik, lanjut Asep, Timsus 1901 ikut melakukan sosialisasi dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa mengeluarkan hak suara adalah kewajiban.

"Kami sudah sampaikan kepada masyarakat bahwa memilih itu adalah wajib. Memilih ini jadi keharusan. Tidak mungkin di satu negara di satu pemerintahan tidak ada pemimpin. Harga matinya tentu wajib memilih," katanya.

Meski demikian, Asep mengatakan pihaknya tidak akan mengintervensi para pemilih. Dia dan relawan Timsus 1901 hanya menyarankan kepada masyarakat untuk tidak golput dan diharapkan memilih pasangan capres cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

"Maka dari itu, timsus 1901 akan terus bergerak melakukan sosialisasi. Bagi yang sudah punya pilihan ke Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf jangan golput. Memilih menentukan 5 tahun ke depan bangsa Indonesia ini," tuturnya.

Baca juga: Pilpres 2019, Ridwan Kamil Ingin Tipiskan Golput dan Pastikan ASN Netral

Sebagai komando relawan Jokowi-Ma'ruf Amin di Kabupaten Bandung, Asep mengatakan bakal menggenjot pasukannya untuk intensif bergerak menyosialisasika untuk tidak golput dan memilih Jokowi-Ma’ruf Amin hingga titik akhir jelang hari H pencoblosan nanti.

"Dari hasil pemetaan hingga 15 Januari 2019 kami yakin (Jokowi- Ma'ruf Amin) khususnya di Kabupaten Bandung akan menang di angka 56 persen. Tapi angka ini bisa meningkat mengingat Timsus 1901 masih terus bergerak," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com