Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Rel Ganda Jalur Selatan, Jadwal KA Kutojaya Selatan Diubah

Kompas.com - 31/03/2019, 22:09 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Proses pembangunan rel ganda di jalur selatan tepatnya ruas Kroya-Kutoarjo, Jawa Tengah, berdampak pada perjalanan sejumlah kereta api (KA).

Manajer Humas PT KAI Daop 5, Purwokerto, Jateng, Supriyanto, mengatakan, pihaknya melakukan rekayasa operasional KA 204 (Kutojaya Selatan) relasi Kiaracondong-Kutoarjo.

Mulai Senin (1/4/2019), untuk sementara waktu KA tersebut tidak berhenti di Stasiun Sumpiuh, Banyumas, Jateng.

Baca juga: Kebanggaan Bangsa Indonesia dalam Proyek Rel Ganda Purwokerto Kroya

"KA 204 sesuai daftar perjalanan KA, harusnya berhenti di Stasiun Sumpiuh untuk bersilang dan disusul KA lainnya. Namun, karena jalur di Stasiun Sumpiuh ada yang ditutup, sehingga tinggal 2 jalur, maka kegiatan penyusulan dipindahkan di Stasiun Tambak, termasuk untuk naik dan turun penumpang," kata dia.

Bagi masyarakat pelanggan KA Kutojaya Selatan yang semula naik dan turun di Stasiun Sumpiuh akan dialihkan ke stasiun terdekat, yakni Stasiun Kroya dan Stasiun Tambak. Menurut dia, penumpang tidak dipungut penambahan biaya.

Baca juga: Dibentak Petugas PT PP, Jurnalis Banyumas Boikot Acara Menaker di Terowongan Rel Ganda

“Dengan adanya perubahan jadwal tersebut, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Seharusnya KA datang di Sumpiuh pukul 03.05 WIB dan berangkat pukul 03.22 WIB, namun untuk sementara waktu tidak berhenti di Stasiun Sumpiuh sampai ada kabar lebih lanjut,” ujar dia.

Dia mengatakan, perjalanan 13 KA lain yang berhenti di Stasiun Sumpiuh tetap normal seperti biasa. Adapun untuk pembelian tiket masih dapat dilayani seperti biasa mulai pukul 09.00 WIB-16.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com