Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati Sebut Golput Sebagai Pengecut

Kompas.com - 31/03/2019, 13:55 WIB
Muhlis Al Alawi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com — Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menyebut warga yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golput sebagai sosok pengecut.

Bagi Megawati, menentukan pilihan dengan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) menunjukkan harga diri dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

"Sebagai warga negara Indonesia jangan golput..Golput itu pengecut.. Tidak punya pendirian dan harga diri," ujar Megawati saat berorasi dalam rapat umum PDI-P se-Solo Raya di GOR Pandawa Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu ( 31/3/2019) siang.

Presiden RI Kelima itu menyatakan warga yang golput jangan lagi menjadi WNI. Namun kalau bangga menjadi warga Indonesia maka harus ikut memilih pada pilpres dan pileg 17 April mendatang.

Baca juga: Kampanye Terbuka di Solo Raya, Puan Pastikan Kandang Banteng Tetap Milik PDI-P

Megawati menegaskan bila saat ini pemilih mencari rejeki di Indonesia maka semestinya menggunakan hak pilihnya pada pemilu serentak.

"Kalau tidak mau memilih mereka itu hidup di mana. Kalau cari rejeki Indonesia, saya katakan tua maupun muda kalian pengecut tidak berani datang ke TPS menunjukkan harga dirinya," jelas Megawati.

Kepada ribuan simpatisan PDI-P yang memerahkan GOR Solo Baru, Megawati juga meminta memenangkan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf pada pilpres 2019. 

Baca juga: Mahfud Imbau Masyarakat Tidak Ajak Orang Lain untuk Golput

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com