Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Viktor Minta Semua Hotel dan Instansi Sediakan Kopi Khas NTT

Kompas.com - 31/03/2019, 11:37 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat mendorong seluruh hotel di provinsi berbasis kepulauan itu untuk menyediakan kopi asli NTT bukan kopi dari luar NTT.

Dorongan itu disampaikan Viktor, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Festival Kopi yang digelar di Lantai 18 Hotel Aston Kota Kupang, Sabtu (30/3/2019) malam.

Viktor pun mengaku bangga, kopi asal NTT, terkenal hingga ke luar negeri.

"Saya bangga karena kopi kita sangat terkenal, karena itu saya mendorong agar kopi-kopi asli NTT ini kopi apa saja, yang penting dari NTT harus disiapkan di seluruh hotel di NTT," tegas Viktor.

Baca juga: Gubernur Viktor Desak Pemerintah Pusat Limpahkan Pengelolaan TN Komodo ke NTT

Viktor mengatakan, beberapa waktu lalu, ketika dia berada di Paris, Prancis, diumumkan kalau Kopi Manggarai mendapatkan predikat kopi terbaik dengan peringkat pertama di dunia.

Hal itu lanjut Viktor, justru berbanding terbalik dengan warga NTT.

"Kita di sini, ketika orang bertamu malah disuguhi kopi kapal api, kopi tugu buaya dan lainnya yang bukan kopi asli NTT. Menurut saya ini hal yg aneh bukan," ucap Viktor.

Baca juga: 6 Komodo Hasil Selundupan Akan Dilepasliarkan ke NTT

Kebijakan itu kata Viktor, bukan hanya di hotel saja, tapi juga di cafe dan restoran yang ada di NTT. Bahkan di sejumlah instansi pemerintah, BUMN hingga maskapai penerbangan, wajib menyajikan kopi khas NTT.

Warga NTT, kata Viktor, harus bangga, karena kopi di NTT mempunyai cita rasa yang sangat luar biasa. Kopi di NTT yang memiliki keunggulan itu sebut Viktor, berasal dari Manggarai Raya, Bajawa, Sumba, Alor hingga Timor.

"Tentu saya juga mendorong seluruh instansi pemerintah. Intinya tidak boleh menyiapkan kopi yang bukan asli NTT, saat rapat,"ujar mantan Ketua Fraksi Nasdem DPR RI itu.

Baca juga: Gubernur Viktor Laiskodat Targetkan NTT Sumbang 1 Juta Ton Garam untuk Kebutuhan Nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com