Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Daop 8 Sediakan 174 Perjalanan KA Mudik dan Balik, Ini Cara Daftarnya

Kompas.com - 30/03/2019, 18:06 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah masih tiga bulan lagi. Meski begitu, perantau dari berbagai kota sudah mempersiapkan segala jenis kebutuhan mudik, termasuk mencari tiket transportasi umum menuju kampung halamannya.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jawa Timur, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya memberikan fasilitas untuk mudik dan arus balik gratis menggunakan moda transportasi kereta api (KA).

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan, program gratis ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Tanggal keberangkatan angkutan KA gratis tersebut berlangsung selama 16 hari, dimulai dari 28 Mei 2019 (H-8) sampai dengan 12 Juni 2019 (H+6)," kata Suprapto saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/3/2019).

Baca juga: Kemenhub Siapkan 970 Bus untuk Mudik Gratis, Ini Cara Daftarnya

Suprapto menjelaskan, khusus KA Probowangi rute Surabaya Gubeng-Banyuwangi dan KA Tawang Alun rute Malang-banyuwangi keberangkatan mudik gratis mulai 31 Mei hingga 4 Juni 2019. Adapun, arus baliknya berlaku mulai 7-10 Juni 2019.

Akan ada 174 perjalanan KA dengan rincian 97 perjalanan KA untuk arus mudik dan 77 perjalanan KA arus balik.

"Total kapasitas daya angkut per hari rata-rata mencapai 11.881 tempat duduk," ujar Suprapto.

KA yang disediakan antara lain KA Dhoho (rute Surabaya-Blitar via Kertosono), KA Penataran (Surabaya-Blitar via Malang), KA Lokal Bojonegoro (Sidoarjo-Bojonegoro), KA Tumapel (rute Surabaya-Malang), KA Lokal Kertosono (rute Surabaya-Kertosono), KA Probowangi (rute Surabaya-Banyuwangi), dan KA Tawangalun (rute Malang Kota Lama-Banyuwangi).

Suprapto berharap, adanya angkutan KA gratis ini dapat mengurangi jumlah perantau yang berkeinginan menggunakan kendaraan pribadi.

"Semoga masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan dengan mengunakan angkutan massal ini, guna kelancaran mobilitas dan mengurangi angka kemacetan akibat tingginya frekuensi lalu lintas selama masa angkutan Lebaran 2019," tutur dia.

Baca juga: Kemenhub Prediksi Bus Akan Jadi Primadona Mudik Lebaran 2019

Berikut persyaratan untuk memperolah tiket mudik dan balik gratis menggunakan KA

  1. Pemesanan tiket hanya dapat dilakukan di stasiun online yang dilewati KA arus mudik dan balik gratis.
  2. Pemesanan tiket mudik dan balik gratis dimulai pukul 09.00 WIB–16.00 WIB.
  3. Untuk pemesanan tiket KA Penataran, Dhoho, Tumapel dan Ekonomi Lokal bisa dilakukan H-7 atau mulai pada tanggal 21 Mei 2019.
  4. Khusus pemesanan tiket KA Probowangi dan Tawang Alun dapat dilakukan H-60 atau mulai tanggal 1 April 2019.
  5. Pemesanan di stasiun, calon penumpang wajib mengisi formulir pemesanan yang ada dengan data nama dan nomor identitas penumpang.
  6. Satu pemesan maksimal untuk empat tiket.
  7. Tiket tidak dapat dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain.
  8. Tiket KA mudik dan balik gratis tidak dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, internet maupun channel eksternal lainnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com