KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Bingkisan dari Ganjar Pranowo untuk Mereka yang Lulus Program PKH...

Kompas.com - 30/03/2019, 14:53 WIB
Sri Noviyanti

Editor


KOMPAS.com -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan bingkisan pada pulihan ibu-ibu di Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang. Bingkisan itu adalah tanda mereka sudah lulus dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Sebagai informasi, ibu-ibu itu sebelumnya adalah penerima manfaat PKH. Nah saat ini, mereka merasa keadaan ekonominya sudah membaik sehingga sanggup untuk keluar dari program PKH tersebut.

Siti Rondiyah( 55), salah satunya. Warga Kaliombo Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, ini bersama puluhan rekannya mengaku mendapatkan program PKH sejak 2011. 

"Uang PKH saya gunakan untuk kebutuhan anak sekolah, sisanya untuk buka usaha. Alhamdulillah setelah delapan tahun, saya bisa memiliki usaha sendiri,”  terangnya saat acara Gebyar Sehat Bersama PKH di Halaman Kantor Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang, Sabtu (30/3/2019).

Siti memutuskan untuk mengundurkan diri dari program PKH karena merasa perekonomian keluarganya semakin membaik. Ia berharap, dengan mengundurkan diri, maka bisa memberikan kesempatan pada penerima lainnya yang lebih membutuhkan.

"Harapannya semakin banyak penerima manfaat. Bagi teman-teman yang masih menerima PKH, saya harap terus semangat dan terus memotivasi diri untuk maju dan berkembang. Nanti setelah ekonomi keluarga membaik, bisa ikut wisuda seperti kami," lanjutnya.

Ganjar mengaku bangga dapat mewisuda langsung lulusan PKH Rembang. Maklum di banyak tempat, warga lebih suka pura-pura miskin demi mendapat bantuan pemerintah. Namun di Rembang, warga yang sudah mampu ekonominya menyatakan tak mau lagi menerima PKH. 

"Yang luar biasa, ternyata di sini ada wisuda masyarakat yang sudah lulus dari program PKH. Mereka memutuskan tidak mau lagi menerima PKH karena mengatakansekarang sudah mampu. Saya acungkan jempol bagi Pemkab Rembang dan para pendamping yang telah menyukseskan program ini," ujarnya.

Tidak hanya bentuk kesuksesan program PKH dalam pengentasan kemiskinan, Pemkab Rembang lanjut Ganjar juga mau mendampingi mereka dalam menjalankan usahanya. Para penerima PKH yang sudah lulus tersebut didampingi dalam berwirausaha, diberikan akses modal hingga bisa mandiri.

“Dengan begitu, manfaat PKH bisa diberikan kepada yang lainnya. Ini sungguh berjiwa mulia, ini sesuatu yang luar biasa," kata dia.

Senam bersama ribuan emak-emak 

Dalam acara Gebyar Sehat Bersama PKH Sulang, ribuan penerima manfaat PKH tumpah-ruah berkumpul untuk mengikuti senam sehat bersama.

Bersama ribuan ibu-ibu, Ganjar dengan semangat berada di tengah-tengah kerumunan dan bergoyang Maumere didampingi Bupati dan Wakil Bupati Rembang.

"Lagi, lagi, lagi. Ayo mumpung ada pak Gubernur," teriak emak-emak yang hadir pada kegiatan itu.

Dengan senang hati, Gubernur pun melayani permintaan mereka. Alhasil, lagu Maumere diputar untuk kedua kalinya dan senam sesi kedua dilanjutkan.

"Ayo semangat senamnya, kulo dongake panjenengan sehat kabeh (saya doakan semuanya sehat)," kata Ganjar menyemangati.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com