KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Apeksi: Dana Kelurahan Mantapkan Pembangunan Infrastruktur dan SDM

Kompas.com - 30/03/2019, 06:48 WIB
Mikhael Gewati

Editor

KOMPAS.com - Wali Kota Semarang Hendar Prihadi mengatakan, dengan adanya dana kelurahan maka pembangunan infrastruktur semakin mantap.

“Tak hanya infrastruktur, dana keluarahan yang bejumlah Rp350juta – Rp352juta ini juga membuat pemberdayaan masyarakat jadi semakin mantap,” jelas Wali Kota yang akrab di sapa Hendi itu dalam tertulis yang Kompas.com terima.

Hendi sendiri mengatakan itu dalam Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil) III (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Kota Semarang, Jumat (29/3/2019).

Meski demikian, Hendi menyampaikan, selain dana kelurahan hal yang tak kalah penting untuk menyukseskan pembangunan infrastruktur dan  sumber daya manusia (SDM) adalah kebijakan - kebijakan pemerintah pusat  dan daerah. Apakah kebijkan tersebut mendukung pembangunan atau tidak?

Senada dengan hal itu, Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany pun mengucapkan terima kasih kepada  pemerintah pusat yang telah menyaluran dana kelurahan.

“Kami berharap dana tersebut bisa ditingkatkan lagi,” ucap dia.

Atas dasar alasan tersebut, lanjut Airin, Apeksi menyepakati tema Raker Komwil III Apeksi adalah Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Daerah. Ini penting karena untuk mendukung profesionalitas aparatur dan kemandirian daerah.

“Insya Allah keynote speaker dalam Raker  nanti adalah pak presiden," sambungnya.

Adapun Hendi dan Airin tidak sendiri, di tempat yang sama ada pula Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, dan Wali Kota Serang Syafudin.

Mereka merupakan wali kota yang tergabung dalam Komwil III. Hari itu mereka berkumpul sebagai peserta Rakerkomwil III Apeksi.

Kota Semarang tuan rumah Rakernas Apeksi 2019

Selain rapat kerja, kegiatan yang tepatnya diselenggarakan di Hotel PO Kota Semarang tersebut juga digunakan untuk mempersiapkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi 2019. Di acara ini Kota Semarang juga terpilih sebagai tuan rumah.

Sedianya tuan rumah Apeksi 2019 adalah Kota Palu. Namun karena musibah tsunami yang menimpa Palu, Kota Semarang pun kemudian dipilih setelah menyatakan kesiapsediaannya untuk menggelar Rakernas ApeksiI 2019.

“Semarang menjadi kota yang indah, nyaman, bersih dan berkolaborasi dengan pihak swasta dalam percepatan pembangunan. Ini menjadi suatu hal yang harus kami tiru untuk di daerah kami, tentunya dengan karakter masing-masing wilayah.” papar Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi yang juga pernah menjadi Ketua Apeksi.

Di sisi lain, Hendi selaku Wali Kota Semarang pun mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Kota Semarang sebagai tuan rumah Rakerkomwil III Apeksi dan Rakernas Apeksi di 2019.

“Ini luar biasa loh untuk Kota Semarang. Nanti pada saat rakernas ada 98 wali kota yang datang, dan rata-rata membawa 30 - 40 rombongan," ucapnya.

Dengan begitu, lanjut Hendi, di Semarang nanti akan hadir 3000-4000 tamu untuk mengikuti Rakernas Apeksi.

“Bisa dipastikan hotel akan laris, kuliner laris, kemudian tempat-tempat wisata juga akan tambah ramai, momentum yang baik juga untuk pengembangan pariwisata Kota Semarang,” tambah Hendi.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com