Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Sultra Apresiasi Perusahaan dengan Kecelakaan Kerja Nihil

Kompas.com - 29/03/2019, 18:50 WIB
Aprillia Ika

Editor

KENDARI, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara kembali memberikan penghargaan bagi perusahaan dengan kecelakaan kerja nihil. Perusahaan tersebut merupakan representasi komitmen program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3).

Pada periode 2018, Pemprov Sultra memberikan penghargaan ke PT DSSP Power Kendari. Penghargaan ini diberikan pada Kamis (28/3/2019).

Perusahaan ini mencapai lima juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja pada kegiatan pembagunan IPP PLTU Kendari-3.

Sebelumnya pada bulan Agustus 2017, PT DSSP Power Kendari juga telah meraih penghargaan yang sama dalam pencapaian satu juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja dari Disnakertrans Sultra.

Baca juga: Menaker: Masih Banyak Perusahaan Anggap Enteng Fasilitas K3

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra Saemu Alwi mengatakan, pihaknya menekankan pentingnya pelaksanaan dan pengawasan K-3.

Hal itu berguna untuk meminimalkan risiko kecelakaan kerja yang berpotensi menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, selain meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya menekankan semua pihak dapat melakukan upaya konkret terhadap pelaksanaan K-3 di lingkungan masing-masing sehingga budaya K-3 dapat terwujud di setiap wilayah kerja di Sulawesi Tenggara” ujarnya melalui rilis ke Kompas.com, Jumat (29/3/2019).

Baca juga: 2 Tersangka Kecelakaan Kerja Tol Becakayu Tidak Ditahan

Perwakilan manajemen PT DSSP Power Kendari Awaludin mengatakan, pihaknya menerapkan sistem manajemen K-3 untuk mengendalikan risiko kecelakaan kerja.

"K3 juga untuk memaksimalkan efisiensi dan efektivitas kerja dalam mendukung peningkatan daya saing perusahaan," katanya.

Sebagai informasi, PT DSSP Power Kendari adalah perusahaan pembangkit listrik independen (independent power producer/IPP) PLTU berkapasitas 2 x 50 MW yang berlokasi di Tanjung Tiram, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Perusahaan ini merupakan anak perusahaan tidak langsung dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA), salah satu perusahaan Sinarmas yang berfokus pada bisnis energi dan infrastruktur.

IPP PLTU ini dibangun dengan nilai investasi sekitar 200 juta dollar AS. Proyek IPP PLTU yang dibangun di atas lahan seluas 16 hektar ini diharapkan dapat beroperasi secara komersial pada tahun 2019.

Direktorat khusus K3

Pemerintah Indonesia memang memandang serius penerapan budaya keselamatan kerja pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Kementerian BUMN bahkan berencana untuk membuat direktorat khusus K3. Direktorat tersebut akan khusus menangani keamanan kerja di setiap proyek infrastruktur di Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan, sektor keamanan dan keselamatan kerja dalam sebuah proyek infrastruktur selama ini dipegang oleh general managerperusahaan BUMN.

Oleh sebab itu, sering terjadi kelonggaran dalam hal prosedur keamanan dan keselamatan kerja.

"Dulu, secara konstruksi ada di satu titik, GM bertanggung jawab menyeluruh. Tapi ya saat ini menurut saya keselamatan harus dari pusat agar independen sifatnya," ujar Rini, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Rini beserta jajarannya masih mengkaji apakah direktorat itu akan ditempatkan di kementeriannya atau di setiap perusahaan BUMN yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com