Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Kampanye Jokowi di Kalimantan, Rampungkan Proyek Tol Warisan SBY hingga Targetkan 60 Persen Suara

Kompas.com - 29/03/2019, 08:44 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan menyelesaikan proyek Tol Balikpapan- Samarinda saat pidato kampanye terbuka di Gedung Dome, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (28/3/2019)

Seperti diketahui, proyek tersebut yang mangkrak setelah diresmikan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Jokowi juga berjanji akan membangun jalur kereta api yang menghubungkan Batulin dan Banjarbaru di Kalimantan Selatan. 

Berikut ini fakta lengkap kampanye Jokowi di wilayah Kalimantan Timur dan Selatan: 

1. Janji bangun jalan baru dan jalur kereta api

Calon Presiden Nomor Urut 1 Joko Widodo (Jokowi) menunjukan kerja suara bergambar nomor urut 1 dalam kampanye terbuka pertamanya di Serang, Banten (Minggu, 24/3/2019). Dok. Istimewa Calon Presiden Nomor Urut 1 Joko Widodo (Jokowi) menunjukan kerja suara bergambar nomor urut 1 dalam kampanye terbuka pertamanya di Serang, Banten (Minggu, 24/3/2019).

Jokowi berjanji segera mewujudkan kereta api trans Kalimantan dan jalan baru yang menghubungkan Batulin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Saya tadi dapatkan informasi mengenai keinginan-keinginan masyarakat di sini, bahwa warga Banjarmasin dan Kalimantan Selatan ingin adanya kereta api trans Kalimantan, benar?" ujarnya disambut gemuruh pendukungnya di stadion 17 Mei Banjarmasin, Rabu (27/3/2019), dikutip dari Antara.

"Yang kedua pingin adanya jalan baru antara Banjarbaru dan Batulicin, benar?" tambah capres yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin tersebut. Pertanyaan itu kembali disambut gemuruh pendukungnya.

"Secepatnya kita akan lakukan cek lapangan, dan segera kalau memungkinkan akan segera kita kerjakan, Insya Allah," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Janji Segera Bangun Jalur Kereta Api dan Jalan Baru di Kalsel

2. Target 60 persen suara di Kalsel

Capres 01, Jokowi diarak becak warga kota Mamuju rebutan selfie dengan jokowi dan istri KOMPAS.Com Capres 01, Jokowi diarak becak warga kota Mamuju rebutan selfie dengan jokowi dan istri

Joko Widodo menargetkan bisa meraup suara 60 hingga 65 persen di Kalimantan Selatan pada Pilpres 2019.

"Target di Kalimantan Selatan, kalau di 2014 kita di sini dapat 49 persen, tahun ini Insya Allah antara 60-65 persen," kata Jokowi usai blusukan di Pasar Modern Duta Mall Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu malam, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Jokowi, target tersebut realistis karena calon wakil presidennya adalah Ma'ruf Amin, seorang kiai.

"Di sini adalah provinsi yang sangat religius, tentu saja Ini kombinasi ulama dan umaro lebih bisa diterima," katanya.

Baca Juga: Jokowi Targetkan Raup 65 Persen Suara di Kalsel

3. Jokowi sapa warga Kalsel di pusat pertokoan

Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat kampanye terbuka di Lhokseumawe, Aceh, Selasa (26/3/2019). Dalam kampanye yang dihadiri ribuan pendukung, parpol pengusung, dan para ulama, Jokowi menyatakan optimistis bersama masyarakat Aceh bisa memenangkan suara pada pemilihan presiden 17 April mendatang.ANTARA FOTO/RAHMAD Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat kampanye terbuka di Lhokseumawe, Aceh, Selasa (26/3/2019). Dalam kampanye yang dihadiri ribuan pendukung, parpol pengusung, dan para ulama, Jokowi menyatakan optimistis bersama masyarakat Aceh bisa memenangkan suara pada pemilihan presiden 17 April mendatang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com