Ini Alasan Banyak Caleg Tak Berani Pasang Foto Jokowi di Alat Peraga Kampanye di Padang

Kompas.com - 29/03/2019, 08:19 WIB
Caleg partai pendukung Jokowi enggan memasang foto Jokowi di balihonya. Foto diambil di Jalan Khatib Sulaiman Padang, Sumatera Barat, Kamis (28/3/2019). KOMPAS.com/PERDANA PUTRACaleg partai pendukung Jokowi enggan memasang foto Jokowi di balihonya. Foto diambil di Jalan Khatib Sulaiman Padang, Sumatera Barat, Kamis (28/3/2019).

PADANG, KOMPAS.com - Mayoritas calon legislatif (caleg) dari partai pendukung calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin di Padang, Sumatera Barat, tidak memasang foto capres nomor urut 01 itu di alat peraga kampanye (APK).

Dari pantauan di Padang, Kamis (28/3/2019), hanya segelintir caleg dari parpol pendukung Jokowi yang memasang foto Jokowi di alat peraga kampanye miliknya.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan caleg parpol pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang mayoritas memasang foto capres nomor urut 01 itu di baliho masing-masing.

Baca juga: Kedapatan Rusak 8 Baliho Capres Jokowi, Rozi Nyaris Diamuk Massa

Salah seorang caleg dari parpol pendukung Jokowi, Novrianto, yang dihubungi, Kamis (28/3/2019), membenarkan fenomena tersebut. Kondisi ini, lanjut dia, wajar terjadi karena Sumbar adalah basis pendukung Prabowo Subianto.

"Wajar saja. Sama dengan Papua dimana caleg pendukung Prabowo Subianto yang enggan terang-terangan membela capresnya," ujar caleg dari Partai Perindo ini.

Novrianto memperkirakan, para caleg tersebut enggan mencantumkan gambar capres yang didukung partainya karena tidak ingin suaranya tergerus akibat terang-terangan mendukung Jokowi-Maaruf Amin di basis suara Prabowo Subianto.

"Si caleg mungkin saja tidak mau berspekulasi dengan terang-terangan mendukung Jokowi. Takut suaranya berkurang. Sumbar adalah basis massanya Prabowo," ujarnya.

Baca juga: Copot Baju dan Baret, Relawan Prabowo-Sandi Beralih Dukung Jokowi

Sikap berbeda ditunjukkan Ketua DPD Partai Hanura Sumbar Marzul Veri yang juga menjadi caleg untuk DPR RI. Marzul secara terang-terangan mendukung Jokowi dan memajang foto capres nomor urut 01 itu di setiap alat peraga kampanye miliknya.

"Saya dari dulu adalah pendukung Jokowi. Saya komit mendukung beliau secara terang-terangan. Buat apa sembunyi-sembunyi apalagi takut tidak dipilih rakyat. Kuasa itu ada di tangan Tuhan," tegasnya.

Marzul Veri juga menyentil sikap caleg dari parpol pendukung Jokowi yang enggan memajang foto Jokowi di APK nya. 

"Jika caleg parpol pendukung Jokowi berani mensosialisasikan Jokowi dengan memajang fotonya di APK, saya yakin akan berpengaruh terhadap peningkatan suara Jokowi. Parpol pendukung Jokowi lebih banyak daripada yang di sebelah," ujarnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X