Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan Amran Akan Tanam 5.000 Kelapa di Pesisir Waduk Jatigede

Kompas.com - 28/03/2019, 16:26 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman siap menyuplai 5.000 benih kelapa untuk ditanam di wilayah pesisir Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Suplai 5.000 benih kelapa itu menindaklanjuti aspirasi dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang Yosep Suhayat saat Mentan Amran berkunjung ke Sumedang, Rabu (27/3/2019).

Dalam kegiatan yang dipusatkan di Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang itu, Yosep Suhayat menginformasikan kepada Mentan Amran bahwa wilayah pesisir Waduk Jatigede potensial untuk dikembangkan menjadi jadi lahan perkebunan kelapa baru di wilayah Sumedang.

"Wilayah pesisir Waduk Jatigede sangat cocok dijadikan perkebunan kelapa Bapak Menteri. Kami berharap ada bantuan dari kementerian untuk benih kelapanya," ujar Yosep kepada Mentan Amran.

Baca juga: Prospek Menjanjikan, Mentan Salurkan 5.000 Bibit Kelapa kepada Petani

Yosep pun menjelaskan prospek penanaman benih kelapa itu. Dimana dengan adanya perkebunan kelapa di wilayah pesisir Waduk Jatigede dapat menjadi usaha pertanian baru di wilayah Sumedang.

Mendengar permintaan itu, Mentan Amran langsung menyanggupi dan siap menyuplai 5000 benih kelapa untuk ditanam di wilayah pesisir Waduk Jatigede yang baru digenang sejak 31 Agustus 2015 ini.

"Baik kalau begitu, 5000 benih kelapa dulu ya cukup? Nanti Pak kadis minta nomor hape-nya pak dirjen, benihnya bisa langsung diberikan," ucapnya.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke Kabupaten Sumedang, Mentan Amran menyerahkan bantuan senilai Rp 40,9 miliar kepada Pemkab Sumedang.

Baca juga: Mentan: Dulu Kita Impor Kentang, Hari Ini Kita Ekspor

Bantuan terdiri dari ribuan ekor ayam kampung, kambing, benih kakao dan benih tanaman lainnya.

Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan oleh Pemkab Sumedang melalui dinas terkait.

Bantuan diperuntukkan bagi petani, keluarga miskin, dan santri di wilayah Kabupaten Sumedang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com