Sambut MotoGP 2021 di Mandalika, NTB Siapkan SDM yang Kompeten

Kompas.com - 28/03/2019, 06:28 WIB
Inilah salah satu arena Sirkuit MotoGP Mandalika yang akan dibangun oleh ITDC dan satu perusahaan asal Perancis. Panjang sirkuit 4,34 kilometer dan memiliki 18 tikungan. Gambar ini didapatkan pada Sabtu (23/2/2019). KOMPAS.com/FITRI RInilah salah satu arena Sirkuit MotoGP Mandalika yang akan dibangun oleh ITDC dan satu perusahaan asal Perancis. Panjang sirkuit 4,34 kilometer dan memiliki 18 tikungan. Gambar ini didapatkan pada Sabtu (23/2/2019).

MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat ( NTB) akan menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten, dalam rangka menyambut perhelatan balapan MotoGP yang akan digelar di kawasan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah tahun 2021.

"Dinas kita harus menyiapkan skill dan kemampuan anak-anak kita. Sehingga, ketika dites, beberapa bulan sebelum MotoGP, kita lebih dari siap," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah, seperti dikutip dalam keterangan pers, Rabu (27/3/2019).

Doktor Zul, sapaan akrab Gubernur NTB itu mengatakan, SDM anak-anak NTB harus disiapkan dengan baik sebelum balapan MotoGP digelar.

Untuk itu, perlu diberikan pendidikan, pelatihan dan keterampilan yang memadai.


Baca juga: Kata Presiden Jokowi, 3 Proyek Pendukung MotoGP Rampung 2020

Menurut doktor Zul, persiapan SDM ini dilakukan karena pada ajang balapan MotoGP nanti, dibutuhkan lebih dari 1000 pekerja yang akan terlibat.

Jumlah yang tidak sedikit, karena untuk menjaga perlintasan sirkuit saja dibutuhkan sekitar 900 orang penjaga.

Jumlah ini, belum termasuk tenaga kerja yang butuhkan untuk membangun infrastruktur seperti jalan, sirkuit, rumah sakit dan hotel yang mencapai ribuan orang.

Karena itu, Gubernur meminta kepala OPD terkait untuk segara mengidentifikasi SDM dengan kualifikasi seperti apa, yang dibutuhkan oleh MotoGP.

Selain itu, Gubernur meminta kepada seluruh kepala OPD lingkup Pemprov NTB untuk ikut terlibat demi kesuksesan dan kelancaran event MotoGP.

Baca juga: Event MotoGP 2021 Akan Pulihkan Pariwisata Lombok

Tidak hanya persiapan SDM, pembangunan infrastruktur fisik, seperti sirkuit balapan, jalan bypass dari bandara menuju Mandalika dan perpanjangan runway BIL juga akan dibangun.

Terkait hal ini, Gubernur meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk memastikan pembangunan jalan Bypass dari BIL menuju KEK Mandalika berjalan lancar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X