Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga di Wilayah Terluar Kepulauan Maluku Kini Nikmati BBM Satu Harga

Kompas.com - 27/03/2019, 17:10 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali meresmikan pengoperasian SPBU Kompak Satu Harga di wilayah terluar di Provinsi Maluku, Selasa (26/3/2019).

SPBU Kompak satu harga yang berlokasi di Desa Kolamar Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Kepulauan Aru ini diresmikan oleh Kepala Balitbang Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dan Sales Executive Retail Wilayah Ambon MOR VIII PT Pertamina (Persero) Galih Pradipto.

“Peresmian BBM Satu harga di Kepulauan Aru ini merupakan komitmen Pertamina yang diberikan kewenangan oleh negara untuk menyediakan energi kepada seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang ada di Aru,” kata Galih.

Dia mengatakan dengan peresmian SPBU tersebut maka harga BBM di wilayah tersebut sama dengan yang ada di Pulau Jawa dan seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Warga Desa Terpencil di Halmahera Barat Nikmati BBM Satu Harga

 

Khusus untuk wilayah Maluku dan Papua sepanjang 2016 hingga saat ini Pertamina telah mengoperasikan 39 titik lokasi SPBU kompak satu harga. Direncanakan masih ada 12 titik lagi yang akan diresmikan pengoperasiannya.

“Untuk di Maluku sendiri sejauh ini sudah lima titik SPBU satu harga yang diresmikan dan di Aru ini yang kedua kalinya,” ujarnya.

Senada dengan Galih, Kepala Balitbang Kementrian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan pengresmian SPBU satu harga di wilayah terluar di Maluku itu merupakan wujud keberpihakan Presiden Joko Widodo kepada masyarakat melalui program nawacita yakni membangun Indonesia dari penggiran.

Menurut Dadan, sebelum dioperasikannya SPBU tersebut, warga di Kecamatan Aru Utara harus mengeluarkan uang hingga Rp 15.000 untuk membeli 1 liter premium sementara untuk solar warga harus merogoh kocek hingga Rp 10.000 untuk mendapatkan 1 liter solar.

“Tapi sekarang harganya sama dengan di seluruh daerah di indonesia yakni untuk premium Rp 6.450 dan solar Rp 5.150,” ujarnya.

Baca juga: [POPULER NUSANTARA] BBM Satu Harga di Pulau Buru | Nasib Lahan Prabowo di Aceh

Membantu nelayan

Dia mengatakan kehadiran SPBU satu harga di wilayah tersebut akan sangat membantu warga yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan, untuk lebih meningkatkan hasil tangkapannya dan juga taraf kehidupan ekonomi mereka.

“Secara Nasional peresmian SPBU Kompak di Kepulauan Aru ini adalah yang ke 125. SPBU Kompak No. 86.976.09 dikelola oleh UD Sinar Kola, semoga peresmian ini membawa manfaat bagi masyarakat di Desa Kolamar, Kecamatan Aru Utara,” katanya.

Sementara itu Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga mengaku keberadaan SPBU itu akan sangat bermanfaat bagi warga dan para nelayan di kecamatan Aru Utara.

“Kehadiran SPBU satu harga di Kepulauan Aru sangat membantu masyarakat di sini,” katanya.

Acara pengresmian BBM satu harag di wilayah itu juga ikut dihadiri oleh Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Christy Barends, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Adolof Bormasa dan Danlanal Aru Letkol Laut (P) Sahatro Silaban. 

Baca juga: Pertamina Minta Bantuan Kapolda Pantau BBM Satu Harga di Maluku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com