Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Longsor, Terpal di Makam Raja Imogiri Selesai Dipasang

Kompas.com - 26/03/2019, 16:31 WIB
Markus Yuwono,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY berhasil memasang terpal di bekas longsor makam raja Imogiri, Bantul. Untuk mengantisipasi longsor susulan, akan dibangun sistem drainase.

"Untuk seluruh pemasangan terpal sudah bisa diselesaikan Minggu (24/3/2019) malam,"kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana saat dihubungi Kompas.com melalui pesan singkatnya Selasa (26/3/2019).

Pemasangan terpal sendiri dilakukan sejak Jumat (22/3/2019) lalu, dengan membagi tiga bagian. Adapun bagian atas yakni bangunan calon makam atau sisi timur komplek makam raja Mataram, bagian tengah yang lubang dan bagian bawah yakni tumpukan material.

Biwara menjelaskan untuk terpal yang sudah dipasang sampai selesai ada 200 lembar. Hari ini ada evaluasi akan ada tambahan 20 lembar untuk menyempurnakan penutupan bagian bawah.

Baca juga: Antisipasi Siklon Veronika, Pemasangan Terpal di Makam Raja di Imogiri Dipercepat

Luasan longsoran mencapai 4.000 meter persegi di area perbukitan tersebut. "Untuk kebutuhan terpal menyesuaikan dengan lebar area yang akan ditutup," ucapnya.

Selain pemasangan terpal, juga akan membuat saluran air darurat di lokasi longsoran.

Untuk mencegah aliran air masuk ke longsoran yang sudah terjadi, rencananya akan dibuat saluran dari parkir timur makam baru atau calon makam HB X agar tidak masuk ke longsoran yang sekarang dan tidak memicu longsor susulan.

"Juga dibuat drainase darurat dari area terpal ke sungai terdekat, nanti yang melakukan Dinas PU-ESDM DIY," ujarnya.

Baca juga: Cegah Longsor, Sultan Dorong Pembangunan Talud di Makam Raja Mataram Imogiri

Untuk penanganan di lokasi longsoran, pemda DIY masih akan melakukan koordinas terkait penanganannya. "Tentu ada penanganan permanen. Perencanaan baru dipersiapkan,"katanya

Perlu diketahui akibat hujan deras Minggu (17/3/2019) malam, kawasan Makam Raja Mataram di Kecamatan Imogiri, longsor.

Kejadian itu mengakibatkan dua rumah di bawahnya tertimbun material tanah. Tiga orang warga Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, meninggal dunia akibat peristiwa itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com