Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Minta Ayam Oncom Jadi Salah Satu Menu Makan Siang Rutin

Kompas.com - 25/03/2019, 21:03 WIB
Putra Prima Perdana,
Khairina

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkesempatan mencicipi masakan hasil kreasi salah satu warga Kota Bandung, Devina Hermawan, yang menjadi salah satu peserta dalam ajang pencarian bakat memasak yang diselenggarakan salah satu stasiun televisi swasta.

Menu makanan yang disediakan Devina untuk pria yang akrab disapa Emil itu diberi nama ayam oncom. Potongan daging ayam krispi yang ditaburi sambal oncom crumble dan acar cabai merah. 

Usai mencicipi, Emil mengaku sangat suka dengan masakan ayam oncom ala Devina.

“Luar biasa, enak. Kalau tidak terburu-buru sudah saya habiskan. Saya tidak mengira oncom bisa diolah jadi bumbu yang enak dengan ayam yang sangat renyah,” ujar Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (25/3/2019).

Baca juga: Dedi Mulyadi Kenalkan Sorabi Oncom kepada Jurnalis Asing

Tak hanya memuji, Emil pun menantang Devina untuk kembali menyajikan ayam oncom buatannya.

Bahkan, Emil juga berencana memasukkan menu ayam oncom sebagai salah satu menu makan siangnya.

“Kapan-kapan kirim lagi ya. Nanti ayam oncom ala Devi akan jadi rutinitas makan siang Gubernur Jawa Barat karena enak sekali,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Devina mengaku sangat bersyukur Gubernur Jawa Barat bisa menyukai masakan kreasinya.

“Senang banget. Sempat ada keraguan mau bikin makanan rumahan yang simpel untuk Pak Gubernur. Tapi Alhamdulillah, ayam oncom saya bisa berkesan di Pak Gubernur,” tuturnya.

Ditantang Emil, Devina pun mengaku siap untuk kembali menyajikan ayam oncom buatannya untuk dijadikan salah satu menu makan siang Gubernur Jawa Barat.

“Siap banget, kapan pun setiap ada kesempatan diminta saya siap,” imbuhnya.

Ditanya soal menunya, Devina mengaku sengaja menyediakan oncom untuk Ridwan Kamil karena ingin mempromosikan oncom sebagai makanan khas Jawa Barat.

“Aku bawain oncom karena ini makanan yang berasal dari Jawa Barat. Aku juga suka banget sama oncom. Sebagai warga Jawa Barat aku mau promosiin oncom sebagai makanan asli Jawa Barat. Alhamdulillah ternyata bisa berkesan buat orang-orang,” ujarnya.

Kompas TV Inilah keramaian pada 24 Februari lalu. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Menteri Pariwisata, Arief Yahya dan para pemain film Dilan 1991 secara simbolis melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Dilan Corner di area GOR Saparua. Rencana pembuatan Taman Dilan atau Dilan Corner di kawasan GOR Saparua, Kota Bandung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ditanggapi beragam oleh masyarakat. Ada yang setuju dan tidak setuju dengan keputusan Gubernur Jawa Barat yang biasa disapa Kang Emil ini.salah satunya pernyataan dari seorang seniman Kota Bandung, Iman Soleh. Menurutnya pembuatan Taman Dilan atau Dilan Corner di Kota Bandung merupakan hal yang biasa asalkan taman itu dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat serta memiliki fungsi edukasi. Pernyataan berbeda datang dari Pengamat Hukum Tata Negara Universitas Katolik Parahyangan, Asep Warlan yang mengatakan keputusan Ridwan Kamil membuat Taman Dilan atau Dilan Corner di GOR Saparua, Kota Bandung merupakan hal yang berlebihan. Ia menilai masih banyak tokoh lain yang lebih layak dibuatkan monumen.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com