Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Dunia Wirausaha dengan Pemerintahan Itu Jauh Berbeda...

Kompas.com - 25/03/2019, 20:14 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyatakan jika mengelola sebuah negara besar seperti Indonesia, tidaklah mudah. Untuk itu diperlukan sebuah pengalaman mengurusi sebuah negara.

“Bapak dan ibu, mengelola negara itu tidak mudah, butuh sebuah pengalaman,” kata Jokowi saat berkampanye di Stadion Jember Sport Garden (JSG) Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (25/3/2019).

Menurut Jokowi, Indonesia adalah negara besar dengan jumlah penduduk mencapai 269 juta jiwa, yang tersebar dan hidup di 17 ribu lebih pulau.

“Tidak ada negara di dunia yang memiliki jumlah pulau seperti Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan pengalaman dalam mengelola negara seperti Indonesia,” tegasnya.

Baca juga: Kampanye di Jember, Jokowi Minta Masyarakat Ikut Lawan Berita Bohong

Jokowi mengungkapkan pengalamannya di pemerintahan, mulai dari menjabat Wali Kota Solo selama dua periode, kemudian Gubernur DKI Jakarta, dan menjadi Presiden yang sudah dijalani selama 4,5 tahun.

“Artinya, pengalaman dari bawah. Jadi ngerti rakyat butuh apa dan mengerti mengelola pemerintahan. Sebab, dunia wirausaha dengan pemerintahan itu jauh berbeda,” katanya.

“Oleh sebab itu, jangan diberikan kepada yang masih coba- coba, setuju?" tanya Jokowi.

Mendengar pertanyaan itu, para pendukungnya yang hadir kompak menjawab setuju.

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, dalam acara kampanye tersebut, Jokowi ditemani istrinya, Iriana Jokowi. 

Dia juga ditemani Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, putri almarhum Gus Dur Yenny Wahid, Khofifah Indar Parawansa, para anggota TKN, para pengurus NU Jember, dan sejumlah ulama dan elemen masyarakat lainnya. 

Baca juga: Jangan Sampai Ada Warga NU yang Tak Pilih Jokowi-Ma’ruf...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com