Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ustaz Abdul Somad: Hati Saya Mulai Terhibur, Pak Ijeck Bawa Saya ke Sana, Kemari...

Kompas.com - 25/03/2019, 18:36 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Selesai mengunjungi kebun dan penangkaran rusa milik keluarga Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah di Desa Sekoci, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Ustaz Abdul Somad bertandang ke Kampung Islam Besilam atau Babussalam, masih di Kabupaten Langkat.

Niatnya bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam Syekh Hasyim Al Syarwani.

Acara ini masih dalam rangka menghibur Ustaz Somad yang sedang berkabung karena meninggalnya sang Ibu, Almarhum Rohana pada Senin (18/3/2019) lalu.

Rombongan Musa dan Ustaz Somad tiba di Babussalam pada Minggu (24/3/2019) jelang siang, disambut ratusan warga. Shalawat berkumandang saat memasuki kediaman Hasyim.

Baca juga: Ustaz Abdul Somad: Maafkan Segala Khilaf dan Salah Emak, Terima Kasih Buat Semuanya...

Musa dan Abdul Somad disambut peluk dan cium hangat Hasyim. Musa membuka pembicaraan, silaturrahminya untuk meminta doa dan nasihat untuk sahabatnya Ustaz Abdul Somad masih berkabung.

"Sebagai umat Islam sudah sepatutnya memuliakan ulama dan menghiburnya saat ia sedang susah atau bersedih," kata Musa dikutip dari pernyataan resminya yang diterima Kompas.com pada Senin (25/3/2019).

Hasyim menjawabnya dengan doa, berharap Somad diberi ketabahan, kekuatan, dan kesehatan.

"Ustaz Abdul Somad, saya turut berduka cita sedalam-dalamnya. Mari kita doakan almarhumah agar diterima di sisi-Nya, diterima iman ke-Islaman beliau, Al Fatihah," ajaknya diikuti jamaah.

Baca juga: Ibunda Ustaz Abdul Somad Meninggal Dunia, Jenazah Dibawa ke Sumut

Bagi Ustaz Abdul Somad, Babussalam bukan tempat asing karena setiap tahun dirinya dan keluarga datang. Dia meminta Hasyim memasukkannya dalam doa setelah shalat, tahajud, dan ketika besuluk. Dia mengaku saat ini hatinya mulai terhibur.

“Hati saya mulai terhibur, Pak Ijeck bawa saya ke sana, kemari. Mulai ke Babussalam bertemu tuan guru sampai memberi makan rusa. Tapi setelah dari sini, saya akan sedih lagi. Mengenang ibu saya berwudhu, shalat, dan duduk. Tuan Guru terus doakanlah saya biar tidak sedih lagi,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, ibunda tercinta Ustaz Abdul Somad, Rohana Binti Nuruddin (72) meninggal dunia pada Senin (18/3/2019) dinihari.

Lewat perjalanan darat menggunakan ambulan dari Pekanbaru, jenazah sampai di rumah duka di Desa Silo Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Tepat pukul 21.45 WIB, jenazah dimakamkan dengan iringan ribuan pelayat dan pengawalan polisi. Musa Rajekshah mendampingi Abdul Somad mulai dari Jakarta sampai ke rumah duka.

Baca juga: Maruf Amin Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Ibunda Abdul Somad

"Saya salut dengan ketabahaan Ustaz Abdul Somad, meski beliau mendapat kabar ibunya wafat, tapi demi umat tetap memberi tausiah. Kalau saya pasti sudah tak sanggup dan ingin cepat pulang. Ustaz seorang yang istiqomah, dia tetap memberi tausiah dan ilmu agama kepada masyarakat," kata Musa.

Menurutnya, kepergian ibunda Ustaz Abdul Somad tidak hanya duka bagi keluarga mereka, namun juga duka bagi umat Islam. Almarhum telah berhasil melahirkan seorang anak untuk dunia dan di akhirat.

Sebelum meninggalkan lokasi, para tamu dipersilahkan mencicipi hidangan khas Melayu yang telah tersedia. Hidangan penutupnya, bubur sumsum dingin khas Babussalam.

Ustaz Abdul Somad kembali ke Pekanbaru. Dia berada di Sumatera Utara mulai Jumat (22/3/2019) sampai Minggu (24/3/2019), dalam rangka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-1 Yayasan Haji Anif dan tabligh akbar di Masjid Raya Besitang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com