Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gula Organik Banyumas Diekspor ke Rusia dan Brazil

Kompas.com - 25/03/2019, 13:57 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Gula organik hasil produksi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), diekspor ke Rusia dan Brazil. Pelapasan dilakukan oleh Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian (Kementan), Ali Jamil, di Banyumas, Jateng, Sabtu (23/3/2019)

Ali mengatakan, gula organik yang diekspor sebanyak 21 ton dengan nilai sekitar Rp 667 juta. Dalam kesempatan itu, diekspor juga kayu olahan dengan nilai Rp 7,9 miliar dengan tujuan China.

"Pelepasan ekspor ini sengaja kita acarakan. Maksudnya agar masyarakat luas tahu bahwa hal ini bisa kita lakukan. Produk pertanian kita banyak, perlu kita dorong untuk meningkat sehingga petani semakin sejahtera," kata Ali seperti dikutip melalui siaran pers, Minggu (24/3/2019).

Baca juga: Mentan: Dulu Kita Impor Kentang, Hari Ini Kita Ekspor

Ali mendorong pertumbuhan ekspor non-migas di setiap daerah, khususnya produk pertanian. Pihaknya memberikan pelatihan bagi mereka yang ingin menjadi eksportir lewat program Agro Gemilang.

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Mendag Enggartiasto Dukung Ekspor Kopi Jabar

Barantan mendorong peningkatan ekspor melalui program Ayo Galakkan Ekspor Produk Pertanian oleh Generasi Milenial Bangsa (Agro Gemilang). Fokusnya ekspor komoditas pertanian berbasis wilayah dari kalangan muda.

"Sebetulnya, potensi ekspor Kabupaten Banyumas sangat banyak. Produk pertanian ada melati, nilam, ketapang, jeruk dan masih banyak lagi yang bisa kita ekspor jika ditekuni dengan baik," ujar Bupati Banyumas Achmad Husein.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com