Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Sumbar Kerahkan 6.300 Personel Amankan Pemilu 2019

Kompas.com - 25/03/2019, 12:48 WIB
Rahmadhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Untuk mengamankan pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019, Polda Sumbar mempersiapkan 6.300 personel yang akan ditempatkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain menurunkan personel, Kapolda Sumbar Fakhrizal mengajak seluruh masyarakat berperan aktif dalam menjaga keamanan pemilu.

"Agar pemilu nanti bisa berjalan dengan aman, lancar dan kondusif kami meminta masyarakat berperan dalam menjaga keamanan. Melibatkan masyarakat ini bertujuan untuk membangun sinergitas antara Polri, TNI, pemda dan masyarakat dalam menjaga keamanan pemilu, " ujar Kapolda Sumbar Fakhrizal, Senin (25/3/2019).

Menurut Fakhrizal yang juga berasal dari Sumatera Barat ini, sukses atau tidaknya pemilu nanti tergantung semua pihak.

"Tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggara pemilu," sebutnya.

Baca juga: Kotak Suara Pemilu Diangkut Pakai Mobil Sampah di Makassar

Selain penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu, Fakhrizal menilai Polri dan TNI memiliki peran yang cukup penting dalam menyukseskan pemilu nanti.

"Saya memgimbau dan meminta Polri dan TNI jika ada menemuka pelanggaran pemilu harus berani mengambil tindakan yang tegas sesuai dengan aturan yang berlaku," sebutnya.

Baca juga: KPU Batalkan Keikutsertaan 6 Parpol Dalam Pemilu di NTT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com